Ketik disini

Metropolis

Warga Lebih Tertarik Menjadi TKI

Bagikan

MATARAM – Warga di Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya cendrung lebih tertarik menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) daripada membuka usaha sendiri. Sejumlah warga melihat, pendapatan menjadi TKI bisa melebihi pendapatan dari membuka usaha  sendiri.

”Pemahaman itu yang membuat warga kami lebih memilih menjadi TKI ketimbang membuka usaha sendiri,” kata Lurah Bertais, Lalu Muksan pada Lombok Post.

Ia menjelaskan membuka usaha sendiri sesungguhnya memiliki banyak kelebihan. Tidak hanya menjanjikan keuntungan yang besar, pemilik usaha juga tidak perlu ke luar negeri dan meninggalkan keluarganya.

“Walaupun harus diakui, keuntungan dari merintis sebuah usaha kadang tidak langsung dapat dirasakan,” imbuhnya.

Dia menuturkan, banyak warga yang tertarik dengan pendapatan yang diperoleh TKI yang baru pulang dari luar negeri. Pendapatan yang besar ini membuat mereka merasa menjadi TKI memberi keuntungan besar.

”Padahal tidak semua yang menjadi TKI bisa bernasib baik seperti itu,” ujarnya.
Memang ada beberapa TKI yang bisa membangun rumah, membantu perekonomian keluarga, dan dapat menyekolahkan anak hingga jenjang perguruan tinggi.  Tapi ada juga warga yang tidak bernasib baik seperti rekan lainnya.

”Seharusnya ini dipertimbangkan juga oleh warga yang mau jadi TKI,” jelasnya.
Sementara itu, salah seorang warga Endang mengaku ingin mencoba merantau ke luar negeri. Dia mengaku ingin juga mengikuti jejak tetangga dan rekannya yang sudah sukses.

”Teman saya sudah ada yang bisa beli rumah sendiri dan mengirimkan uang bulanan pada keluarga,” katanya.

Ia mengaku sudah ada teman yang mengajak untuk berangkat keluar negeri. Sekarang juga dirinya sedang mengurus surat-surat kelengkapan yang dibutuhkan untuk bekerja di luar negeri.  ”Mau cari kerja disini sulit sekali, lapangan kerja masih minim,” kata dia. (nur)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *