Ketik disini

Selong

Tambang Asing Harus Diambil Alih

Bagikan

SELONG – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Untuk Demokerasi (LMND) Lombok Timur melakukan aksi unjuk rasa, kemarin. Aksi yang dipusatkan di perempatan Selong itu ditujukan untuk mendesak pemerintah melakukan pengambilalihan terhadap tambang-tambang asing yang berada di Indonesia.

”Newmont sama Free Port itu sudah melecehkan bangsa Indonesia,” teriak Inderayadi, koordinattor lapangan aksi kali itu.

Kedua perusahaan tersebut dikatakan terus mengeruk harga kekayaan alam Indonesia tanpa memberikan sumbangsih yang setimpal. Mereka juga dianggap dengan semena-mena menekan pemerintah dan melakukan lobi-lobi sesat untuk menaikkan nilai tawarnya dan melemahkan pemerintah, termasuk bangsa Indonesia.

Mereka yang jumlahnya tidak mencapai 10 orang itu mendesak pemerintah agar bersikap tegas.

Pengambilalihan harus segera dilakukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam tuntutannya, masa mendesak pencabutan kontrak karya tambang asing yang merugikan, termasuk didalamnya perusahaan dibidang minyak dan gas.

Selain itu, masa juga mendesak pemerintahan Kabupaten Lombok Timur agar membangun Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) di Lombok Timur. Hal itu dikatakan sesuai dengan pasal pertama ayat 32 UU No 4 tahun 2009. Dengan demikian, rakyatlah yang secara langsung akan dapat memperoleh hasil dan manfaat dari kekayaan alam yang ada. ”Jangan dikasi pemodal besar saja, fikirkan juga rakyat,” jawab Akhmad Arwandi, mahasiswa lainnya. (yuk)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *