Ketik disini

Selong

Perempuan Aikmel Harus Maju

Bagikan

SELONG – Perempuan Aikmel harus maju dan mampu menyuarakan aspirasi masyarakat. Hal itulah yang mencuat dalam dialog yang diadakan NGO Bakti ”Mampu” di Kantor Desa Aikmel.

Fokus utama dari kegiatan kali ini adalah penguatan partisipasi perempuan di desa guna ikut bersama-sama membangun daerahnya. Hal ini dirasa penting terlebih dengan diberlakukannya UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

”Sudah waktunya perempuan ikut berjuang untuk kepentingan semua pihak,” kata fasilitator kegiatan, L Saipudin Gayep.

Dalam implementasi UU Desa, salah satu poin adalah mendorong perempuan berpartisipasi aktif. Hal tersebut sesuai dengan pasal 3 yang berbunyi pada dasarnya seluruh azas yang dianut bersifat inklusif terhadap berbagai macam pengelompokan sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Pesan khusus yang ingin disampaikan adalah perlunya keterwakilan perempuan dalam elemen desa, seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang selama ini selalu diisi laki-laki. Organisasi ini menurutnya wajib melaksanakan kehidupan berdemokrasi yang berkeadilan gender dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Koordinator Program “Mampu”, Nurjanah mengatakan, perlunya memastikan kegiatan yang berkepentingan dengan kelompok perempuan menjadi bagian dari lembaga kemasyarakatan desa. Selain itu diperlukan upaya memastikan keikutsertaan kelompok‐kelompok perempuan ini dalam berbagai kegiatan di desa.

Sementara itu, Ketua Kelompok Konstituen, Baiq Sumiati  menuturkan, banyaknya persoalan bantuan sosial pemerintah seperti BPJS, raskin, PKH dan BLSM menunjukkan ada yang perlu dibenahi. Bantuan yang tidak merata dan data yang tidak tepat sasaran selama ini kerap menuai persoalan.

”Keterlibatan perempuan ini diharap bisa membantu mengatasi masalah-masalah itu,” pungkasnya. (yuk)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *