Ketik disini

Metropolis

Siapkan 25 Ribu Sapi IB

Bagikan

KEMENTERIAN Pertanian mengatakan siap menyediakan sekitar 25 ribu sapi Inseminasi Buatan (IB) untuk para peternak di Lombok Timur.

Untuk tahap awal akan disuplai 13 ribu sapi. Jika hasilnya menggembirakan akan kembali ditambah sebanyak 7 ribu ekor. Dan jika masih ada peternak yang sanggup akan kembali ditambah sebanyak 5 ribu sapi. Sehingga, total menjadi 25 ribu sapi IB. ”Yang penting, sanggup dikelola dengan baik,” kata Mentan Andi Arman Sulaiman saat mengunjungi sentra peternak sapi di Anjani, Lombok Timur, Rabu (4/2) kemarin.

Tawaran itu mendapat respons positif dari para peternak. Karena itu, pemda juga diminta untuk melakukan intervensi dengan membimbing petani agar  terus meningkatkan produksi sapi.

Hal tersebut sejalan dengan program swasembada pangan nasional yang juga dicetuskan pemerintahan Jokowi-JK. Pemberian sapi ini akan dibarengi penyediaan pakan yang mencukupi, vaksin, peningkatan kapasitas peternak, juga intervensi dalam hal regulasi.

Menurut Mentan, NTB menjadi salah satu daerah utama tumpuan sumber daging di samping NTT, Jatim, Jateng, Bali, dan Sulsel. Secara nasional diuraikan, ada 2 juta sapi IB yang akan diberikan. Jika 80 persennya berhasil, diyakini akan mampu menutupi impor. ”Lotim sebagai daerah terluas di Lombok, harus ambil peran lebih,” jawabnya.

Wakil Bupati Lombok Timur H Hairul Warisin mengatakan siap memberikan dukungan sepenuhnya atas segala bantuan yang diberikan. Hal ini, menurutnya sejalan dengan program provinsi, Bumi Sejuta Sapi (BSS). Lombok Timur secara tradisional juga dikenal sebagai salah satu penyuplai utama di provinsi ini. ”Kita apresiasi, pasti kita dukung,” jawabnya. (jlo/yuk)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *