Ketik disini

Pendidikan

UN Online Dimulai Tahun Depan

Bagikan

MATARAM – Perubahan sistem Ujian Nasional (UN) yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  secara online dipastikan akan mulai berlaku di Kota Mataram tahun depan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dikpora Kota Mataram H Zainal Arifin. Menurutnya, pelaksanaan ujian ini tidak langsung dilakukan sekaligus. Karena masih memerlukan penyesuaian, terutama mengenai kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah, termasuk di NTB.

”Kita lihat dulu sarana dan prasarana penunjang seperti server, koneksi jaringan internet dan pengadaan komputer setiap peserta. Kalau memang sudah siap kita terapkan kenapa tidak,” tegasnya.

Sehingga tahun ini dipastikan Mataram masih belum bisa menggunakan UN online. Selain itu permasalahan mental anak juga perlu diperhatikan dan menjadi kendala. Untuk mengenalkan sesuatu hal baru, anak-anak pasti membutuhkan mental yang kuat. ”Walaupun saat ini UN sudah tidak lagi sebagai penentu kelulusan. Paling tidak kita harus sosialisasi dulu bagaimana mekanisme UN online ini. Kita biasakan mereka untuk mengenalnya dulu,” ungkap pejabat asal Loteng ini.

Sebelumnya pemerintah telah mengadakan ujian online untuk guru sejak 2012 lalu. Masalah terbesar yang dihadapi dalam ujian online itu adalah koneksi internet. Jumlah peserta ujian online untuk guru adalah sekitar 600 ribu orang. Jika dibandingkan jumlah guru dan siswa saat ini, maka akan ada lebih banyak tantangan dalam menyelenggarakan ujian online ini untuk siswa. Karena jumlah siswa jauh melebihi jumlah guru. ”Saat ini kami sudah menyiapkan sekolah-sekolah yang dinilai layak dijadikan percontohan,” tambahnya.

Diantaranya, SMP 2 Mataram, SMP 6 Mataram, SMA 1 Mataram, dan SMA 5 Mataram. “Tidak menutup kemungkinan juga untuk sekolah-sekolah lainnya,”tandas pria berkacamata ini. (cr-zen)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *