Ketik disini

Kriminal

BPKP Tunggu Hasil Pemeriksaan

Bagikan

TANJUNG – Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) NTB masih menunggu hasil pemeriksaan fisik terhadap item pembangunan landscape Kantor Bupati Lombok Utara. Hasil tersebut akan menjadi dasar melakukan perhitungan.

“Kita juga masih menunggu hasil cek laboratorium oleh tim ahli dari Unram,” kata Kepala BPKP Darius AK, selasa (10/3).

Sebelumnya, BPKP dan penyidik dari Polres Lobar sudah turun  melakukan cek fisik, Selasa lalu. Selanjutnya, juga telah dilakukan pengecekan terhadap volume keseluruhan item.
“Ini kan harus dicek semua, tidak boleh hanya sampling,” terang Darius.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, BPKP baru bisa melakukan audit. Ini untuk memastikan apakah ada indikasi penyimpangan pada proyek bernilai Rp 1 miliar itu.

Darius menekankan, audit harus berdasarkan pada bukti yang relevan, cukup, dan kompeten. Sehingga, tak jarang, prosesnya memang cendrung memakan waktu.

“Jadi, harus memenuhi tiga unsur tadi. Kalau buktinya cukup tetapi tidak kompeten atau relevan, tetap tidak bisa jadi acuan,” jelasnya.

Diketahui, pemeriksaan pembangunan landscape Kantor Bupati Lombok Utara ini berawal dari laporan masyarakat yang masuk ke Polres Lobar akhir 2014 lalu. “Pembangunan landscape itu sendiri kan terdiri dari banyak item, ada pos penjagaan hingga tempat parkir. Jadi tidak sedikit,” bebernya. (uki/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *