Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Harga Barang Elektronik Bakal Naik

Bagikan

MATARAM – Melemahnya nilai tukar rupiah juga berdampak pada harga barang impor. Berbagai jenis barang elektronik sudah siap-siap naik harga.

Fathul Hamdi, pemilik Bios Computer Mataram mengatakan, harga jual produk elektronik jelas akan naik. Sebab, beberapa komponen elektronik, khususnya komputer, merupakan barang impor, seperti dari Jepang.

Ia menambahkan, kenaikan ini juga dipicu tingginya biaya operasional yang harus dikeluarkan para pengusaha komputer. Kenaikan biaya itu pun dikenakan ke harga produk. Sehingga, mulai tingkat distributor sampai konsumen harga tinggi. ”Harganya mulai menyesuaikan dolar. Karena ada beberapa produk yang menggunakan kurs dolar,” terangnya.

Meski mulai naik namun penjualan barang elektronik, khususnya komputer masih stabil. Ini terjadi karena instansi pemerintah maupun anak sekolah tetap membeli komputer.

”Syukurnya, sudah banyak pelanggan dari instansi pemerintahan. Meskipun harganya naik, penjualan tidak akan banyak menurun,” ujarnya.

Operasional Graha Electronic Hary mengatakan, menguatnya dolar membuat market berkurang. Minat beli masyarakat mulai turun. ”Sudah ada pengurangan market sekitar 30 persen sampai dengan 40 persen,” katanya.

Kondisi ini sangat berdampak bagi masyarakat. Apalagi diperkirakan sekitar 20 Maret nanti produsen semua merk barang akan menaikkan harga barang. ”Kenaikan berkisar 7 hingga 10 persen,” tandasnya. (nur)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *