Ketik disini

Headline Selong

Miris…Pantai Kayangan Penuh Sampah

Bagikan

SELONG – Bau menyengat langsung tercium begitu mendekati bibir Pantai Labuhan Lombok yang berada di kompleks Pelabuhan Kayangan. Sumbernya, sampah yang menumpuk di sepanjang pesisir. Sampah itu tak pernah terurus dan tak pernah ditangani pemerintah.

”Beginilah keadaannya, sudah jadi pantai sampah,” kata Hairun, salah seorang nelayan setempat.

Menurutnya, sampah itu berasal dari warga Lotim. Ada yang membuang melalui sungai hingga terbawa ke pantai. Ada juga dari warga sekitar pesisir yang belum tumbuh kesadarannya. Sepengetahuannya, selama ini tak pernah sampah ini diangkut truk sampah milik pemerintah. Salah satu wilayah terluar Lombok Timur ini seolah luput dari perhatian pemegang kebijakan.

Padahal, pantai ini masih satu kompleks dengan Pelabuhan Kayangan. Ironis memang. Para pendatang dari timur Lombok pun pasti melihat keadaan kumuh, jorok, dan tak terawat itu.

Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur Rusliadi yang turun langsung memantau keadaan mengaku prihatin. Menurutnya, hal itu menjadi preseden buruk perkembangan pariwisata Gumi Selaparang. ”Miris, padahal modal pariwisata itu kan bersih, rapi, dan indah,” katanya.

Dia menambahkan, semua pihak harus bertanggung jawab atas keadaan tersebut. Tak hanya dinas kebersihan saja. Warga pun harus sadar dan mengubah perilaku. Kebiasaan buang sampah sembarangan baik di sungai maupun di pantai terbukti mengotori wilayah sendiri.

Dia mendorong setiap desa memiliki aturan dalam bentuk awik-awik. Salah satu poin yang diatur jelas terkait sampah. ”Bisa berbentuk perdes ataupun awik-awik,” jawab Rusli. (yuk/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *