Ketik disini

Bima - Dompu

RSUD Dompu Gelar Operasi Katarak

Bagikan

* Hari Kedua, Bupati dan Sekda Langsung Memantau

RSUD Dompu menggelar operasi katarak dalam rangka bhakti sosial Tambora Menyapa Dunia (TMD) yang dimulai Senin (16/3) hingga Selasa kemarin. Oeprasi yang digelar selama dua hari itu berjalan lancar.

Operasi Katarak berlangsung di Ruang Operasi Rumah Sakit Umum (RSU) Dompu. “Program ini dilakukan dalam rangka memberantas buta Katarak di Dompu,” ujar Ketua Seksi Pemberantasan Buta Katarak  PERDAMI NTB, Syamsul Rizal.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihajatkan dalam rangka bhakti sosial memperingati kegiatan TMD. “Kegiatan ini merupakan kerja sama antara pemerintah daerah dan PERDAMI NTB. Kemudian, ada juga sponsor dari Energizing Trade, Energizing Indonesia,” jelasnya.

Dia mengaku, pihaknya sudah cukup lama tidak melakukan kegiatan operasi di Dompu. Sehingga momentum itu akan benar-benar dimanfaatkan untuk memberatas buta Katarak.

Kegiatan ini katanya, tidak ditarik biaya. Operasi itu dikhususkan bagi masyarakat miskin. “Kalau ditarik biaya, biasannya operasi Katarak bisa memakan biaya yang berkisar Rp 3 juta sampai dengan Rp 5 juta,” tuturnya.

Setelah operasi, para pasien diwajibkan kembali berkunjung ke RSU untuk melakukan pengontrolan. “Biasanya, setelah dioperasi dalam jangka waktu satu pekan para penderita Katarak bisa melihat normal,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kabid Pelayanan RSU Dompu, dr Dias Indarko MPPM mengaku, total jumlah penderita Katarak yang telah menjalani screening dan siap untuk dioperasi sebanyak 126 orang.

Sementara pada hari kedua selasa (17/3) Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin didampingi Sekda H Agus Buchari SH serta beberapa pejabat memantau langsung pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, bupati juga memberikan suport dan semangat kepada para pasien yang didominasi para lansia. Sebab, dari penuturan dr Diaz Indarko, ada banyak pasien yang tiba-tiba membatalkan operasi lantaran merasa takut dan mengaku belum siap. “Ya bisa jadi secara psikologis mentalnya belum siap,” ujar H Bambang.

Bupati  kemarin juga, mendapat kesempatan masuk ke ruangan operasi. Dan menyaksikan secara langsung proses medis terhadap para pasien penderita Katarak.(am)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *