Ketik disini

Praya

Bertemu Sahabat Lama, Saling Cerita Perjalanan Hidup

Bagikan

* Mengikuti Silaturahmi Danrem 162/WB di Sejumlah Ponpes

Tidak disangka, Danrem 162/Wirabhakti Kolonel CZI. Lalu Rudy Irham Srigede kaget bertemu sahabat lama. Kini sahabatnya itu menjadi pimpinan Ponpes Yanmu Praya. Dialah TGH Zainal Arifin Munir.

***

SORE itu, langit cukup cerah. Suasana ini, membuat Pimpinan Ponpes Yanmu TGH Zainal Arifin Munir bersama pengurus lain senyum sumringah. Apalagi, mereka kedatangan tamu besar yaitu, petinggi korps TNI NTB Kolonel CZI. Lalu Rudy Irham Srigede. Di aula pertemuan, tokoh agama Gumi Tatas Tuhu Trasna itu mengumpulkan seluruh anak didiknya. Sementara, di ruang tamu, ia menyiapkan sambutan hangat buat Rudy -panggilan akrab- Lalu Rudy Irham Srigede. Bagi TGH Arifin, baru kali ini ponpesnya di kunjungi Danrem/Wirabhakti.

Tepat pukul 16.35 Wita, Selasa kemarin. Sirine kendaraan Polisi Militer (PM) dari kejauhan terdengar. TGH Arifin bersama pengurus bergegas menyambut. Dua kendaraan warna abu loreng memasuki halaman Ponpes Yanmu. Mereka adalah Dandim 1620/Loteng Letkol Inf. Gatot Heru Buana dan menyusul kendaraan Danrem. Saat turun dari kendaraan dinasnya itu, Rudy pun kaget. Ternyata, yang dikunjunginya itu adalah sahabat ketika duduk di bangku Sekolah Rakyat (SR) setingkat Sekolah Dasar (SD) saat ini. Keduanya pun hanyut dalam pelukan persahabatan. Saling bersalaman dan bercengkrama. Seolah, tak mempedulikan orang lain.

Kejadian itu, bagi mereka cukup langka. Karena sejak 41 tahun silam mereka tidak pernah bertemu. Apalagi berkomunikasi. Mereka asyik berbincang-bincang. Menceritakan perjalanan hidup masing-masing. Tidak lama, TGH Arifin mengajak sahabatnya masuk ke ruang tamu. Di tempat itu, mereka kembali bercerita kisah hidup. Hingga tak terasa waktu pun berlalu. Puas dengan pertemuan itu, TGH Arifin mengajak sahabat lamanya menerima sambutan hangat dari santri Ponpes Yanmu.

Di depan ribuan santri, TGH Arifin bercerita, Rudy kecil dan Arifin kecil di umur 11 tahun silam adalah teman, sahabat sekaligus saudara. Hanya saja, nasib yang berbeda. Kala itu, ungkap pria berkumis tipis ini dari sekian sahabat, Rudy satu-satunya siswa yang memiliki sepeda. Orang tua masing-masing kala itu, saling mengenal bahkan ada keturunan garis keluarga. Namun, Rudy kecil, kata TGH Arifin lebih mengenal dunia luar. Karena memang, dia disekolahkan di pusat Kota Mataram hingga berangkat mengenyam pendidikan Akmil.

Sedang dirinya, lebih memilih bersekolah di perguruan ternama di kawasan Timur Tengah. Hingga, saat itu, dia pun tidak pernah bertemu dengan Rudy. Namun, kemarin mereka berdua membuka sejarah baru bagi generasi selanjutnya. Bahwa, nasib seseorang ditentukan melalui usaha, belajar, dan berdoa.”Hari ini saya bangga kepada sahabat saya Bapak Danrem. Beliau ini setingkat gubernur. Jadi, beliau itu gubernurnya tentara NTB,” ujar TGH Arifin dengan bangga, sembari diikuti tepuk tangan ribuan santri.

Dia pun berusaha memberikan semangat dan motivasi pada anak didiknya, untuk giat belajar. Sehingga, bisa mencontoh kesuksesan dan keberhasilan Rudy. “Kami menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya. Karena Bapak Danrem menyempatkan waktu mengunjungi kami,” kata pria berpakaian jubah coklat itu.Sementara itu, Danrem 162/Wirabhakti Kolonel CZI. Lalu Rudy Irham Srigede merasa bangga atas sambutan hangat sahabat lamanya itu. Dia mengaku, TGH Arifin adalah teman sepermainan kala itu. Dia pun bangga, melihat sahabatnya kini menjadi sosok panutan agama, masyarakat, dan bangsa.

Rudy juga tidak menyangka, ternyata yang dikunjunginya itu adalah sahabat yang terpisah jauh. “Apa pun amanah jabatan dan posisi yang kita pegang saat ini, itu merupakan karunia Sang Maha Pencipta,” ujar Rudy. Dia juga bangga dengan dirinya sendiri. Karena, sepanjang sejarah kepemimpinan TNI di Gumi Gora. Baru kali ini, dipimpin putra daerah. “Semoga, cerita perjalanan hidup kami ini menjadi inspirasi, bagi generasi penerus bangsa selanjutnya,” kata Rudy diikuti tepuk tangan ribuan satri.(Dedi Shopan Shopian/Lombok Tengah)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys