Ketik disini

Xpresi

Deg-Degan Nunggu Arisan

Bagikan

SAAT hangout bareng teman, biasanya ada saja ide untuk dilakukan. Mulai dari jalan bareng, pergi shopping, hingga mengadakan arisan.

Arisan nggak hanya bertujuan untuk senang-senang saja, 32 persen responeX menjawab, untuk menabung dan investasi.  Ada juga yang menjawab, bisa menjalin silaturahmi (27 persen), bisa membuat kegiatan bermanfaat bersama teman (22 persen), atau hanya sekedar iseng (19 persen).

Yeni Agustina mengatakan, arisan adalah kegiatan yang bisa mendekatkan diri dengan teman-teman, sekaligus belajar berhemat dan menyisihkan uang agar nggak cepat habis.

“Jangan menyalahgunakan arisan, dalam arisan yang terpenting adalah menjalin silaturahmi agar lebih akrab,” kata siswi SMAN 1 Sikur.

Dalam arisan, nggak semua prosesnya bisa berjalan lancar, terkadang ada saja teman Xmud yang susah banget ditagih untuk membayar arisan, mereka memberikan berbagai macam alasan saat ditagih. Kalau sudah begitu, teman yang menjadi bandar akan kerepotan menutupi uang arisan yang belum dibayar.

Julia Izni mengatakan, pernah mengadakan arisan dengan teman-teman sekelasnya. Saat awal arisan begitu lancar dilakukan, tetapi semakin lama, teman-teman semakin sulit untuk ditagih membayar arisan.

“Jadwal arisan pasti akan mundur karena ada teman yang belum bayar, kita cuma bisa bersabar dan tetap menagihnya,” ujar siswi SMPN 1 Mataram.

Benar benget tuh Xmud, telat bayar merupakan salah satu kendala yang bisa menghambat arisan. Biasanya, Xmud juga nggak enak mau nagih.

Tetapi, arisan kan harus tetap berlangsung dan nggak bisa seenaknya dihentikan karena ada teman yang belum melunasi. Kasihan yang belum dapat arisan dong.

Marina siswi SMKN 3 Mataram menganjurkan, kalau memang nggak sanggup bayar arisan, sebaiknya jangan ikut, karena bisa merepotkan teman yang menjadi bandar.

Oleh karena itu, sebelum mengikuti atau mengadakan arisan, sebaiknya dipikir dengan baik agar nggak merugikan. Peserta arisan juga harus dipilih dengan selektif.

“Harus dipikir dengan baik, agar kita nggak mengecewakan teman saat nggak bisa membayar arisan tersebut,” kata cewek tomboy ini.

Tetapi, ada pula orang-orang yang kecanduan mengikuti arisan, apalagi ibu-ibu. Biasanya, ibu-ibu mengikuti berbagai macam arisan, mulai dari arisan RT, RW, lingkungan, panci, emas, berlian, dan sebagainya.

Gimana ya tanggapan responeX tentang orang yang kecanduan arisan? 39 persen menjawab nggak baik, karena hanya menghabiskan uang dan waktu. Tapi, ada pula yang menganggap wajar, asalkan bisa membagi uang dan waktu dengan baik (31 persen).

Semua hal ada baik dan buruknya, tergantung dari orang yang menjalaninya. Kalau memang Xmud sanggup mengikuti berbagai macam arisan dan bisa membagi waktu dengan baik, ya boleh saja.

Tetapi, yang terpenting dengan mengikuti arisan, Xmud bisa belajar menabung dan memanfaatkan uang dengan baik. Jangan malah membebani orangtua ya!(rra)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *