Ketik disini

Selong

Waspada, Banyak Ormas Menyimpang

Bagikan

SELONG – Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) Lotim meminta warga untuk waspada. Kini, sejumlah ormas menyimpang mencoba masuk dan berkembang hingga ke daerah-daerah. ”Jadi yang perlu diwaspadai bukan hanya ISIS,” kata Wakil Ketua Pakem, Jeffry Lokupessy.

Dalam rapat yang digelar di Bakesbangpol Lotim itu,dijelaskan sejumlah ormas menyimpang yang sudah berkembang di daerah lain. Semua elemen Pakem diminta mampu mendeteksi hal tersebut. Beberapa ormas dikatakan mulanya bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan. Namun setelah memiliki masa mereka mulai menyebar aliran kepercayaan. Oleh pemerintah pusat, ormas-ormas tersebut dikatakan sudah jelas menyimpang dan harus diantisipasi. ”Semuanya harap waspada,” pintanya.

Seluruh elemen masyarakat harus diberi pemahaman. Mereka bahkan harus dilibatkan untuk ikut mengantisipasi potensi penyimpangan yang ada. Pakem dalam bekerja diminta mendekati para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk memberi pemahaman yang benar.

Perwakilan Bakesbangpoldagri Lotim Lalu Mulkihan mengatakan, selain waspadai ormas dari luar, sejumlah ormas yang sudah masuk di Lotim juga harus dipantau. Ada beberapa kelompok yang menyebar hal-hal yang bertentangan.

Pola yang dipakai umumnya mendekati masyarakat miskin di pelosok yang kurang pemahaman agamanya. Mereka dicuci otaknya, diberi pemahaman yang menyimpang tentang agama dan cara menjalankannya. ”Ada yang ngaku Islam tapi tak mau salat,” katanya mencontohkan.

Organisasi itu, menurutnya memiliki beragam motif dalam menyebarkan kepercayaan sesatnya. Tak menutup kemungkinan itu dilakukan untuk memecah belah umat dan alasan politis lainnya. ”Kita harus selalu waspada,” pintanya. (yuk/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *