Ketik disini

Kriminal

Pakai Kunci Dobel Saja

Bagikan

* Untuk Antisipasi Curanmor

Sedia payung sebelum hujan. Sedia gembok sebelum motormu kemalingan. Imbauan ini berkali-kali disampaikan jajaran kepolisian menyusul maraknya pencurian sepeda motor (curanmor).

***

WASPADALAH..waspadalah..waspadalah. Kejahatan memang tak selalu disebabkan niat pelaku, melainkan juga karena ada kesempatan. Sikap masyarakat yang terbilang teledor dalam menyimpan kendaraan mereka, ikut menyumbang tingginya kasus pencurian sepeda motor selama ini.

“Semakin masyarakat waspada, kasus curanmor juga semakin dapat kita tekan,” kata Kepala Subdit III Direktorat Reskrim Umum (Ditreskrimum) Polda NTB, AKBP M Eka Fathurahman.

Belakangan ini, curanmor memang menjadi salah satu jenis tindak kriminal yang paling menonjol, terutama di wilayah Kota Mataram. Menyikapi hal ini, kepolisian mengimbau masyarakat agar lebih mawas diri. Masyarakat harus bisa menjadi polisi bagi diri mereka sendiri.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk berjaga-jaga agar tak menjadi korban. Salah satunya, kata Eka, dengan membuat pertahanan ganda. Khusus untuk mengantisipasi curanmor, masyarakat bisa memasang kunci dobel pada kendaraan mereka.

“Motor itu jangan hanya dikunci stang, perlu juga dipasangi gembok,” jelas Eka.

Sering terjadi, motor yang sudah dikunci stang pun ternyata masih bisa dibobol pencuri. Dari beberapa temuan motor curian yang diungkap polisi, banyak didapati motor yang yang sudah dijebol pada bagian kuncinya. “Kalau kunci pada stang itu masih bisa dibobol dengan mudah,” katanya.

Sementara, dengan memasang gembok akan relatif lebih aman. Setidaknya, pencuri akan dibikin kualahan dan butuh waktu lebih untuk membawa kabur motor tersebut. “Apalagi, beberapa jenis gembok juga tidak bisa digeregaji atau dibongkar paksa. Jadi tingkat keamanannya memang sangat bagus,” kata Eka.

Pengamanan dengan kunci dobel, lanjutnya, sangat mudah dilakukan. Masyarakat hanya perlu menyiapkan gembok yang dengan mudah dibeli di pasaran dengan harga terjangkau.

Tentunya, lebih baik mengeluarkan sedikit kocek untuk beli gembok serta meluangkan waktu lebih untuk mengunci dobel kendaraan. Daripada nantinya harus menyesal karena motor kesayangan dibondol pencuri. (Rahmatul Furqan)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *