Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Kota Bima Kenalkan “Kelurahan Bengkoang”

Bagikan

KOTA BIMA – Selain padi, jagung, dan kedelai, Kelurahan Oi Foo, Kota Bima juga terkenal sebagai penghasil bengkoang.A� Tidak heran, hasilnya dijadikan tumpuan hidup warga kelurahan tersebut.

“Banyak ladang yang ditanami bengkoang. Hasilnya dijual ke berbagai pasar di kota dan Kabupaten Bima,” kata Lurah Oi Fo’o Satria Utama pada Radar Tambora (Lombok Post Group).

Diakui, jika dilihat dari komposisi tanah, kondisinya berbeda dengan tanah lain. Selain berada pada dataran tinggi juga didukungA� suhu yang pas. Sehingga tanahnya pas jika ditanami bengkoang. Alasan itulah yang membuat warga Oi Fo’o sejak dulu memilih menanam bengkoang.

“Untuk tanam bengkoang itu memang memerlukan waktu yang cukup lama. Yaitu sekitar setengah tahun. Dari hasil menanam bengkoang, warga bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarga,” katanya.

Selain itu, kata dia, petani mengolah tanahnya tidak begitu sulit. Begitu pun dengan cara menanam dan beban biaya tidak berat. Cara penanamannya pun terbilang gampang dan sederhana. Hanya bermodal biji dari polong yang masak panen. Ciri-ciri fisiknya benar-benar bagus, berat, serta bebas dari hama. (jw/r7)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys