Ketik disini

Headline Politika

Versi Agung, Amin Tetap Sekretaris

Bagikan

* Caleg Gagal Pimpin Partai Golkar NTB

MATARAM – Meski diberhentikan dari kepengurusan DPD I Partai Golkar NTB oleh Aburizal Bakrie, politisi beringin yang juga Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin tetap ditunjuk sebagai Sekretaris dengan status Plt versi Agung Laksono.

Posisi Plt Ketua tidak jatuh ke tangan Amin, seperti banyak digemborkan sejumlah pihak. Plt Ketua ditunjuk Sari Yuliati, eks Caleg DPR RI Dapil NTB, Pemilu lalu. Namun tidak terpilih. H Mesir Suryadi didaulat menjadi Ketua Harian.

“Pemecatan saudara H Muhammad Amin oleh kubu ARB tidak jelas apa dasar hukumnya. Pengurusan DPP GOLKAR yang sah diketuai kepemimpinan Agung Laksono,a�? tandas Sari. a�?Jangankan dipecat satu kali, 1000 kalipun tidak akan merubah apapun,” sambungnya.

Menurut Sari, putusan sela PTUN 1 April 2015 yang menunda pemberlakuan SK Menkumham, tetap tidak mempengaruhi keabsahan SK MenKumham sejak diterbitkan 23 Maret 2015 sampai 1 April atau sejak dikeluarkan keputusan. “Jadi jelas sekali tidak ada keputusan yang menyatakan membatalkan kepengurusan Agung Laksono dan hal inipun berarti keputusan hasil munas Riau telah demisioner,” tandasnya.

Adapun surat-surat turunan dari SK Menkumham yang ditujukan kepada internal ataupun external dari partai Golkar yang tertanggal sampai dengan 1 April 2015 dinyatakan sah (berlaku). Seperti surat-surat mengenai perubahan alat kelengkapan dewan, KPU dan SK Plt.

Meskipun demikian, kata Sari dalam kaitan proses PTUN putusan sela itu bukanlah putusan akhir bahkan belum masuk ke pokok perkara. Hal itu berlandaskan pada Pasal 115 uu no 5 / 1986 tentang PTUN yang menyebutkan hanya putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum yang dapat dilaksanakan.

Termasuk pada pasal 7 ayat 2 huruf I uu no 30 / 2014 tentang Administrasi Pemerintahan yang menyatakan Pemerintah berkewajiban mematuhi Putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

“Juga UU PTUN Pasal 67 yang menyebutkan Gugatan tidak menunda atau menghalangi keputusan yang ada untuk kepentingan umum (Putusan sela yang dikeluarkan oleh hakim PTUN sesungguhnya telah melanggar uu ini,” papar dia. ( tan/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys