Ketik disini

Tanjung

Juni, Mulai Pendaftaran Calon

Bagikan

TANJUNG – KPU Lombok Utara masih menunggu PKPU yang tengah dibahas di tingkat pusat. ”Jika mengacu pada draf, seharusnya 19 April kita sudah bisa memulai tahapan pilkada 2015,” ujar Komisioner KPU Lombok Utara Burhan Ekwanto, selasa (7/4).

Ditambahkannya, jika mengacu pada draf awal pelaksanaan pilkada, rencananya akan digelar 9 Desember mendatang. Dan pada April hingga Mei tahapan awal sudah dimulai yakni perekrutan PPK dan PPS. ”Ini dibentuk sebulan sebelum pemutakhiran data pemilih. Jika sudah terbentuk tahapan lanjut ke pemuktahiran data pemilih,” paparnya.

Lebih lanjut Burhan mengatakan, untuk pendaftaran calon akan dimulai Juni. Kemudian penetapan calon Agustus. Untuk persyaratan perseorangan, Burhan menjelaskan jika jumlah penduduk sampai 250 ribu jiwa maka dukungan harus 10 persen.

”Pendaftaran dimulai dari calon perseorangan dulu karena harus melengkapi persyaratan yakni dukungan,” katanya.

Dari segi anggaran, KPU Lombok Utara masih mengalami kendala. Pasalnya, anggaran yang disetujui Pemkab Lombok Utara saat ini berjumlah Rp 8 miliar. Padahal jika melihat Perppu maka anggaran yang dibutuhkan jauh lebih besar. ”Masih kekurangan sekitar Rp 6 miliar,” cetusnya. (puj/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *