Ketik disini

Kriminal

Ribuan Liter Tuak Bakal Dimusnahkan

Bagikan

MATARAM – Gemilang. Berhasil. Patut diapresiasi. Itu kata-kata yang cukup untuk menggambarkan kesuksesan Polsek Narmada dalam meminimalisasi peredaran minuman keras (miras) tradisional.

Hanya dalam tiga bulan, Polsek Narmada sudah menyita ribuan liter tuak. “Ada 2.423 liter tuak yang berhasil kita amankan, ini hasil dari razia tiga bulan terakhir,” ujar Kapolsek Narmada, Kompol Setia Wijatono, kepada Lombok Post, kemarin (7/4).

Selain tuak ada beberapa miras lainnya yang disita dari lapangan. Rinciannya, Anggur Kolesom sebanyak 6 liter, arak 11 liter dan brem 45 liter. Kini, barang haram itu sudah siap dimusnahkan. “Jadwal pemusnahannya, kita tunggu perintah dulu dari Kapolres,” imbuhnya.

Miras tradisional itu sendiri disita dari sejumlah titik yang berada di wilayah hukum Polsek Narmada. Khususnya, wilayah pinggiran. “Karena, daerah tersebut produksinya cukup banyak,” kata Setia.

Sementara itu, kepada pengerajin tuak atau brem Polsek Narmada melakukan sosialisasi dan pembinaan. “Kita imbau mereka beralih ke pengrajin gula aren,” sambungnya.

Alasannya, bahan baku pembuatan tuak atau brem tersebut masih sama. Jadi tidak terlalu menyusahkan. Malah itu baik, membuat mereka memproduksi barang yang lebih baik.

Adapun terkait regulasi atau perda miras tradisional, Setia masih menunggu langkah pemerintah. Sebab, regulasi tersebut sampai saat ini masih belum disahkan di DPRD Lombok Barat. (cr-deq/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *