Ketik disini

Metropolis

Seluruh Venue TMD Siap

Bagikan

* Besok, Gladi Kotor di Doro Ncanga

PERSIAPAN perhelatan Tambora Menyapa Dunia (TMD) nyaris rampung. Seluruh venue yang akan dikunjungi Presiden Jokowi, kemarin dipastikan siap. Sementara venue utama di Doro Ncanga, tinggal proses finalisasi. Dan rencananya, besok (9/4) akan digelar gladi kotor.

Kemarin (7/4), Sekda NTB H Muhammad Nur  memimpin rapat persiapan akhir event TMD di Ruang Rapat Utama kantor gubernur. Hadir seluruh pemangku kepentingan. Termasuk seluruh Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. “Kita sepenuhnya telah siap,” kata Nur saat menutup rapat.

Waktu dua hari ini akan digunakan untuk proses finishing terutama di venue utama Doro Ncanga. Selebihnya tak ada masalah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB HL Mohammad Faozal pada Lombok Post usai rapat mengatakan, ada empat venue yang disiapkan untuk kunjungan Presiden Jokowi. Selain Doro Ncanga, disiapkan venue panen raya jagung di Manggelewa, lalu kunjungan ke pabrik gula milik PT SMS di Pekat, dan peresmian kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri di Praya, Lombok Tengah.

Rencananya, presiden akan tiba di Bandara Internasional Lombok pada 11 April dengan pesawat kepresidenan. Lalu, kepala negara akan bertolak langsung menuju Doro Ncanga dengan menggunakan heli kepresidenan Super Puma yang dioperasikan TNI AU.

Di Doro Ncanga, presiden akan berada satu jam. Lalu diagendakan meninjau lokasi pabrik gula PT SMS melalui perjalanan darat. Setelah itu dengan helikopter akan menuju ke lokasi panen jagung, 80 kilometer arah timur Doro Ncanga.

Dari sana, presiden lalu akan bertolak kembali ke BIL, untuk selanjutnya dengan kendaraan darat akan menuju ke Kampus IPDN di Praya, untuk agenda peresmian.

Faozal mengatakan, dari empat agenda ini, yang masih tentatif adalah kunjungan ke pabrik gula PT SMS. “Namun, kami tetap melakukan persiapan sebagaimana mestinya kunjungan kepala negara,” kata Faozal.

Khusus untuk di Doro Ncanga, kata dia, saat ini sedang dalam proses pemasangan properti di panggung utama. Ditargetkan hari ini seluruhnya sudah rampung. Sedangkan untuk akses jalan telah tersambung dalam keadaan mulus.

Sementara di Mataram, nanti malam, akan digelar gala dinner untuk 160 peserta Tambora Bike di kediaman resmi gubernur. Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi diagendakan turut hadir dalam gala dinner.

Selanjutnya, Kamis pagi, Menteri Pariwisata akan melepas peserta Tambora Bike, yang akan menempuh rute sepeda dari Mataram hingga ke Doro Ncanga dalam tiga hari.

Dalam rombongan gowes ini, turut serta Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi dan  Konsulat Jenderal Amerika Joaquin F. Monserrate. Mereka tergabung dengan para peserta Tambora Bike dari berbagai daerah di Indonesia. (kus/r3)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *