Ketik disini

Metropolis

Awas Kena Tipu (2)

Bagikan

* UU ITE

KEMAJUAN teknologi terkadang juga dimanfaatkan kurang bijak. Berawal dari sumpah serapah hingga menghina di dunia maya, beberapa oknum harus berurusan dengan masalah hukum.

Di NTB sendiri, sudah tercatat beberapa kasus. Terakhir adalah kasus yang menyeret seorang pengusaha di bidang pariwisata berinisial RL. Ia dilaporkan Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Taufan Rahmadi ke Polda NTB karena dianggap melakukan penghinaan melalui facebook.

Akibat perbuatannya, RL terancam dijerat pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang pencemaran nama baik. Ancaman hukumannya maksimal enam tahun penjara. “Ini adalah kasus penghinaan di facebook yang kesekian kita tangani,” kata Darsono.

UU ITE, kata Darsono, memang ganas. Tahun ini saja, kepolisian mencatat ada tiga berkas tersangka lainnya yang sudah P21. Selain kasus penghinaan, kepolisian juga sudah melimpahkan berkas seorang warga sipil lain. Tersangka melakukan ilegal akses atau membajak akun facebook seseorang. Melalui akun bajakan tersebut, yang bersangkutan membuat sejumlah status bernada hinaan. Dia juga mengunggah sejumlah foto-foto tak senonoh. “Jadi jelas, UU ITE ini tidak main-main. Jangan sampai diabaikan dan dianggap remeh,” tegasnya.

Belajar dari kasus-kasus tersebut, Darsono menegaskan, masyarakat harus mulai melek. Kebebasan berpendapat tidak bisa dijadikan dalih. ”Bebas juga ada batasannya. Inilah yang diatur UU ITE,” lanjutnya.

Dijelaskan, UU ITE merupakan bentuk perlindungan hukum atas setiap kegiatan yang memanfaatkan sarana internet sebagai medianya. Artinya, setiap transaksi yang terjadi di dunia maya, bisa menjadi alat bukti yang sah di pengadilan.

“Media sosial itu seharusnya menjadi wadah menjalin silaturahmi. Bukan tempat untuk saling mencemooh atau menghina. Ini pelajaran agar pengguna lebih santun dan bijak,” tandas Darsono.(uki/cr-deq/nal/r11/r3)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *