Ketik disini

Ekonomi Bisnis Headline

Kendalikan Inflasi, Terapkan 4K

Bagikan

MATARAM – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) NTB merumuskan empat langkah strategis dalam pengendalian inflasi. Empat langkah strategis yang disebut 4K, yakni ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, dan komunikasi kebijakan.

“4K ini adalah langkah-langkah mempertajam arah implementasi melalui sejumlah program strategis,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB Pridjono saat jumpa pers di aula Kadivre Bulog NTB, kemarin (14/4).

Terkait ketersediaan pasokan yang dilakukan yakni, pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian, peningkatan kerja sama antar daerah guna memenuhi kebutuhan masing-masing, serta sinkronisasi program antar TPID. Selain itu diupayakan pula percepatan pembangunan infrastruktur pendukung ketahanan pangan.

Untuk mendukung kelancaran distribusi diupayakan, peningkatan kelancaran pelabuhan, dan peningkatan kemantapan jalan provinsi dan kabupaten/kota. Sedangkan terkait dengan keterjangkauan harga, langkah yang dilakukan adalah pembatasan pengguna gas elpiji, percepatan konversi minyak tanah ke gas di Sumbawa, serta penetapan tarif angkutan umum. Terkait komunikasi kebijakan dilakukan sosialisasi dan pemahaman inflasi, komunikasi kebijakan pengendalian inflasi, serta pembangunan pusat informasi harga pangan.

“Termasuk pembuatan peta ketersediaan pasokan beras di setiap provinsi,” tambahnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Setda NTB H Manggaukang Raba mengatakan, dalam rapat juga membahas gas elpiji 3 kilogram. Dia mengaku, pihaknya mengusulkan agar pemprov mengeluarkan aturan pelarangan PNS menggunakan gas melon ini. Sehingga masyarakat yang tidak mampu benar-benar bisa mendapatkan elpiji bersubsidi ini.

“Ke depan kebijakan ini perlu payung hukum, minimal berupa surat edaran dari sekda atau gubernur kepada para PNS agar tidak pakai gas bersubsidi,” terangnya. (cr-ewi)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *