Ketik disini

Sumbawa

Ngapain Pengawas Duduk Bersama Peserta UN

Bagikan

SUMBAWA – Pelaksanaan ujian nasional (UN) hari pertama, Senin (13/4) di SMA Negeri 3 Sumbawa sedikit mengecewakan. Pasalnya, pengawas ujian terlihat duduk berdampingan dengan peserta saat UN berlangsung.

Pengawas tersebut tampak berbisik-bisik dengan peserta. Ulah pengawas ini tentu membuat UN ternodai. Karena secara aturan, tindakan pengawas itu tidak diperbolehkan. Selama UN berlangsung, pengawas hanya diperbolehkan berada di depan kelas.

”Pengawas tidak diperbolehkan duduk di samping peserta. Pengawas tidak boleh lalu-lalang. Pengawas hanya boleh berada di depan ketika pelaksanaan ujian,” kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Dikmen, M Ali.

Dijelaskannya, tugas pengawas adalah mengawasi pelaksanaan UN agar berjalan semestinya. Dalam menjalankan tugas pengawasan, pengawas bertugas membagikan naskah soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN). Kemudian menjelaskan teknis pengisian indentitas peserta hingga mengumpulkan LJUN.

”Pada menit pertama, pengawas menjelaskan teknis pengisian identitas. Selama pelaksanaan ujian, pengawas harus berada di depan. Kemudian pada menit terakhir, pengawas mengecek kembali LJUN. Siapa tahu ada peserta yang belum mengisi data,” terang mantan Kepala SMAN 2 Sumbawa ini.

Dia mengaku kecewa atas kejadian itu. Terlebih kejadiannya di salah satu sekolah favorit perkotaan. Dia berjanji akan menindaklajuti persoalan ini, agar pelaksanaan UN di hari berikutnya tidak ternodai.

”Kita akan tindaklanjuti masalah ini,” kata Ali. (jho/r7)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys