Ketik disini

Metropolis

PWI NTB Susun

Bagikan

* Rangkaian Acara

MATARAM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bergerak cepat, menyusul kepastian NTB sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2016. Enam bulan sebelum hari pers, rangkaian kegiatan sudah akan mulai digelar. Disiapkan pula agenda yang akan memecahkan rekor MURI.

a�?Kami ingin memastikan, bahwa peringatan Hari Pers Nasional bukan cuma untuk insan pers. Namun, juga untuk masyarakat NTB,a�? kata Ketua PWI NTB H Achmad Sukisman di sela rapat persiapan di Graha Pena Lombok, kemarin. Rapat diikuti para pengurus PWI NTB.

Dia menegaskan, Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi, telah mewanti-wanti agar peringatan HPN di NTB berbeda dengan peringatan HPN sebelumnya di sejumlah provinsi.

Kata Sukisman, Pemprov NTB telah diundang pengurus PWI pusat untuk mempresentasikan rangkaian agenda HPN 2016 akhir April mendatang di Jakarta. Ketika agenda telah ditetapkan secara resmi, kemudian akan ditindaklanjuti PWI pusat dengan kementerian-kementerian terkait di Jakarta.

Dari hasil rapat kemarin, antara lain disiapkan pemecahan rekor MURI untuk makan Sate Bulayak, salah satu kuliner khas NTB. Selain itu akan digelar juga kegiatan bersih pantai, senam masal, dan jalan sehat. Lalu ada pameran batu akik, mutiara, dan kerajinan Sasambo, serta penanaman pohon.

Sementara untuk kegiatan skala nasional, akan disiapkan pameran pers, bedah buku, konvensi media massa, seminar, dan tour wisata bagi seluruh delegasi dari seluruh Indonesia.

Dalam rancangan yang disusun PWI, rangkaian kegiatan HPN yang puncaknya digelar 9 Februari 2016, sudah akan dimulai sejak pertengahan tahun ini. Tiap bulan, direncanakan ada kegiatan dengan tema berbeda, dan akan terus berlanjut hingga acara puncak.

Terkait anggaran, belum dipastikan berapa angka pasti yang dibutuhkan. Namun, jika berkaca pada penyelenggaraan HPN di sejumlah provinsi sebelumnya, kata Sukisman, diperkirakan akan mencapai Rp 10 miliar.

Dia menegaskan, dukungan penuh telah diberikan Gubernur TGB HM Zainul Majdi. Wakil Gubernur H Muhammad Amin pun secara langsung telah menyampaikan dukungan dan rekomendasi gubernur pada Ketua PWI Pusat Margiono, akhir Maret lalu. Rekomendasi serupa juga telah diserahkan Ketua DPRD NTB H Umar Said. Rekomendasi itu antara lain juga ketegasan soal kesiapan dukungan anggaran.

Sukisman memberi garansi, NTB sepenuhnya siap menjadi tuan rumah HPN 2016, yang rencananya juga dijadwalkan dihadiri Presiden Jokowi. (kus)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *