Ketik disini

Headline Selong

Polisi Kirim Tiga Pleton Pasukan

Bagikan

* Antisipasi Gejolak di Sambelia
    
SELONG – Polres Lotim tak mau mengambil resiko. Guna mengantisipasi segala kemungkinan mereka memberangkatkan tiga pleton pasukan ke Sambelia. Hal itu terkait pemanggilan dua orang warga Lendang Tengak ke Dinas Kehutanan NTB, rabu (15/4).

”90 pasukan sudah dikirim sejak pagi tadi (kemarin,red),” kata Kasubag Humas AKP I Komang Samia.

Beredar isu di tengah masyarakat kalau keduanya akan langsung ditetapkan sebagai tersangka. Ini menyangkut kasus penguasaan kawasan PT Sadana sebagai pihak yang diberikan izin pengelolaan. Hal tersebut dikhawatirkan memantik emosi warga lainnya yang dapat memantik aksi anarkisme.

Ada dua titik yang menjadi fokus pengamanan polisi. Yang pertama, kantor perwakilan PT Sadana dan kantor UPTD milik Dinas Kehutanan. Pantauan Lombok Post, hingga siang kemarin situasi masih terkendali. Namun personel yang telah ditempatkan masih terus bersiaga. ”Kita tidak mau kecolongan, tapi bukan berarti di sana mencekam ya,” tegas Komang.

Kasus perselisihan warga dengan perusahaan itu bermula ketika masyarakat yang lebih dahulu menempati area itu diminta pergi. Mereka yang sudah di sana sejak 2007 harus melepas lahannya karena perusahaan memiliki izin sah dari Kementerian Kehutanan. Akibatnya 600 KK yang terdiri atas 2.179 warga terancam kehilangan tempat tinggal dan sumber penghidupan.

”Kami minta pemerintah kasi solusi kalau memang kami harus pergi,” kata H Mahlal, Sekretaris Kelompok Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Sambelia dalam dialog yang diadakan sebelumnya. (yuk/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up