Ketik disini

Metropolis

Pangdam Minta Dukungan DPR

Bagikan

MATARAM – Rombongan Komisi I DPR RI mengunjungi Makorem 162/Wira Bhakti (WB), kemarin. Kepada rombongan wakil rakyat itu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro yang melakukan penyambutan, mengaspirasikan minimnya sarana prasarana. Termasuk terkait jumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki. “Kita berharap DPR terus memperjuangkan kebutuhan alutsista kita,” kata Torry dalam sambutannya.

Ia memaparkan, secara materil, baru 66 persen alutsista di wilayah Kodam IX/Udayana yang terdukung. Masih terdapat kekurangan pada persenjataan, peralatan tempur, ranmor, maupun perlatan perhubungan.

Sementara, peran TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI sangat strategis. Salah satunya mendukung kemandirian pangan. Termasuk membantu kepolisian untuk mengantisipasi terjadinya konflik dan gangguan keamanan. “Meski demikian, kita tetap mengapresiasi bahwa DPR sejauh ini tetap menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan TNI sebagai organisasi yang profesional,” katanya.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais yang memimpin rombongan tersebut memastikan, pihaknya tetap mendorong peningkatan sarana dan prasarana TNI. Salah satunya, terlihat dari kenaikan anggaran untuk TNI dari Rp 86 triliun menjadi Rp 102 triliun pada APBN 2015. “Hal tersebut tetap menjadi prioritas kita. Makanya kita juga berkunjung ke sini untuk menyerap aspirasi di tingkat daerah,” lanjutnya.

Ditambahkan, peningkatan anggaran untuk mendorong TNI bekerja profesional dengan memperhatikan kebutuhan yang diperlukan. Kedatangan sembilan anggota Komisi I DPR RI hendak mendapatkan masukan dari paparan masing-masing satuan TNI yang berada di wilayah NTB. Dari paparan itu, mereka dapat merumuskan kebutuhan mendesak apa saja yang harus dipenuhi untuk kelancaran tugas menjaga NKRI. “Kami minta seluruh satuan memaparkan kondisi dan kekuatan anggota serta alutsista yang dimiliki saat ini,” jelasnya. (uki/r3)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *