Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Pembeli Perhiasan Didominasi Calon Pengantin

Bagikan

MATARAM – Harga emas terus mengalami penurunan. Bahkan stagnan dalam beberapa waktu terakhir. Hanya saja, penjualan emas di Mataram malah sepi.

”Hampir sepi penjualan (Emas, Red),” kata Rika, salah satu pegawai toko emas di Cakranegara, kemarin (27/4).

Pengamatannya, konsumen sepi mencari emas. Dominan, perhiasan yang dicari berukuran kecil. ”Biasanya yang paling banyak saat masuk musim pernikahan. Saya kira mungkin nanti sebulan sebelum puasa bisa ramai lagi,” jelasnya.

Sepinya penjualan diperkirakan karena masyarakat masih sering keliru dalam waktu pembelian emas termasuk emas perhiasan. Kebanyakan masyarakat membeli emas di saat harga emas naik.

”Pas naik banyak warga yang membeli emas. Tapi pas turun malah berkurang,” ujarnya.

Siklus pembelian emas memang untuk tahun 2015 masih belum terlihat. Hanya yang bisa dilihat saat musim pernikahan, maka lonjakan pembelian terjadi.

”Kita selalu siap barang kapan saja dibutuhkan. Tapi ada beberapa calon pengantin yang memesan model dengan ada ukiran namanya. Biasanya untuk mas kawin, pembeli minta diberikan nama pada emas perhiasannya,” jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Sri, pegawai toko emas di Ampenan. Menurutnya, beberapa minggu ini penjualan berkurang. Bahkan dalam satu bulan tidak sesuai target yang direncanakan seperti tahun lalu.

”Dibanding awal tahun 2014, tahun 2015 ada kekurangan sekitar 15 persen,” terangnya.

Kondisi ini karena hampir beberapa pembeli yang datang mengambil perhiasan dengan berat standar.

”Paling banyak yang mencari kisaran dua gram. Paling besar pembeli mencari yang kisaran lima gram,” ujarnya.

Berkurangnya pembelian masyarakat karena masyarakat telah terbebani harga kebutuhan serba mahal di awal tahun 2015. Sehingga masyarakat lebih cenderung memilih terlebih dulu kebutuhan sehari-harinya.

”Harga emas perhiasan per gram sekitar Rp 485 ribu di luar biaya pembuatan,” tandasnya. (nur/r7)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *