Ketik disini

Headline Selong

Kalau Mau Uang Hidupkan Saja Pariwisata

Bagikan

* Masyarakat Selatan Tetap Tolak Pengerukan Pasir

 

SELONG – Pernyataan Bupati Lombok Timur HM Ali Bin Dachlan yang mengatakan tidak ada masyarakat yang menolak rencananya menjual pasir laut dibantah Serikat Masyarakat Selatan (SMS).

Menurut LSM ini, hampir semua masyarakat pesisir sudah membulatkan tekad menolak rencana menjualan pasir laut tersebut.

”Tanya saja nelayan di sepanjang pesisir selatan Lotim,” kata Sayadi, Ketua SMS, Selasa (5/5) kemarin.

Bahkan bentuk nyata penolakan warga sudah disampaikan langsung ke perusahaan yang hendak mengambil pasir laut itu. Dua pekan lalu, rencana sosialisasi perusahaan ditolak mentah-mentah masyarakat di Desa Tanjung Luar. Bahkan jika dilakukan di desa lainnya, penol;akan serupa diyakini akan terjadi. ”Itu bukti masyarakat menentang,” tambahnya.

Menurutnya, menjual pasir tidak akan banyak mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Justru masyarakat yang sudah bekerja sebagai nelayan turun temurun terancam kehilangan mata pencahariannya.

Dia juga mengkhawatirkan pulau kecil di tengah laut yang kemungkinan tenggelam jika rencana itu dipaksakan. Dudukan karang di pasir juga pasti berubah jika penambangan dimulai. Otomatis statemen sang bupati yang menyatakan ikan semakin senang menurutnya terbantahkan. ”Ini kebijakan ngambang bukti kegalauan Ali,” ketusnya.

Menurutnya, jika tujuannya mendatangkan uang sebanyak mungkin, Bupati Ali harus menghidupkan dunia pariwisata Lotim.

Di selatan begitu banyak daerah yang sangat potensial mendatangkan uang jika digarap dengan baik. Dia lantas balik menasihati Ali, agar fokus memenuhi segala janji politiknya semisal perbaikan jalan, mengurusi listrik, subsidi minyak. ”Banyak hal yang lebih penting untuk dikerjakan,” pungkas Sayadi. (yuk/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *