Ketik disini

NASIONAL

Kunci Jawaban Itu Palsu

Bagikan

JAKARTA – Bocoran kunci jawaban ujian nasional (UN) tingkat SMP dan sederajat yang beredar Senin (4/5) lalu dipastikan palsu. Sebab, Kemendikbud belum membuat kunci jawaban untuk soal UN SMP.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam menyampaikan, pihaknya baru akan membuat kunci jawaban saat proses UN dan pemindaian lembar jawaban UN (LJUN) selesai dilakukan. Dengan demikian, dipastikan edaran kunci jawaban yang ada bukan yang dibuat Puspendik. “Bisa dipastikan 100 persen itu palsu karena itu yang membuat orang lain. Entah atas modus apa,” katanya saat ditemui di Jakarta.

Meski demikian, dia tidak menampik ada kesamaan dari beberapa kunci jawaban yang beredar dengan soal Bahasa Indonesia untuk UN. Untuk mengusut tuntas kasus tersebut Kemendikbud telah menerjunkan tim dari Inspektorat Jenderal Kemendikbud di Medan, Sumatera Utara, tempat kunci jawaban palsu itu beredar. Tim akan menyisir kebocoran kunci jawaban yang terjadi. Selanjutnya, tim juga akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk melaporkan tindak kejahatan itu. “Intinya kita tidak akan menoleransi dan akan ada sanksi tegas jika memang terbukti bersalah,” ujar dosen UGM itu.

Kepala Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Zaenal Hasibuan menambahkan, pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran terkait kasus peredaran kunci jawaban itu. Isinya, pihak BNSP meminta kepada kepala Dinas Pendidikan seluruh Indonesia untuk memperbolehkan pihak berkepentingan (Inspektorat Jenderal atau lembaga pengawas lain) masuk ke ruang ujian. Hal ini untuk memudahkan tim melakukan penelusuran. “Awalnya kan kita buat SOP agar tidak ada yang diperkenankan masuk selain pengawas dan siswa. Itu untuk kepentingan siswa agar tidak terganggu. Sekarang kita buat pengecualian,” tuturnya.

Senada dengan Nizam, Zaenal juga menegaskan ancaman hukuman pidana yang akan dikenakan pada pelaku kecurangan UN. “Kami akan laporkan ke pihak berwajib,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, laporan peredaran kunci jawaban pada UN SMP mencolok terjadi di Medan, Sumut. Kasus itu mencuat setelah Ombudsman perwakilan Sumut menemukan selembar kertas yang diduga kunci jawaban. (mia/sof/r3)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys