Ketik disini

Bima - Dompu

Program SMP Terbuka Tidak Efektif

Bagikan

DOMPU – Pelaksanaan program SMP Terbuka dinilai tidak efektif. Sebab, hasil temuan lapangan, banyak siswa  yang mengikuti program itu tidak mengikuti ujian nasional (UN).

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, H Ikhtiar H Yusuf menilai,  pendidikan luar sekolah itu hanya dijadikan lahan untuk mendapatkan keuntungan. Sebab ditemukan, jumlah siswa yang dilaporkan tidak sesuai dengan jumlah riil siswa yang ada.

“Program ini saya rasa hanya menghabiskan anggaran pendidikan saja,” ujarnya.

Hal itu dikatakan berdasarkan temuannya saat memantau pelaksanaan UN SMP. Diakui, sebagian siswa SMP terbuka tidak mengikuti ujian dengan berbagai alasan. Salah satunya ikut orang tua ke ladang.

“Bisa jadi siswa itu memang tidak ada. Dan jumlah yang dilaporkan pihak sekolah sebagiannya fiktif,” ujarnya.

Dia mengimbau  agar pihak pengelolan SMP terbuka mencari siswa-siswa yang tidak mengikuti ujian. Kemudian, dianjurkan untuk mengikuti ujian susulan.

“Saya tekankan kepada pihak sekolah untuk berupaya mencari siswanya yang tidak ikut ujian. Terutama, siswa yang telah terdaftar dalam jumlah siswa yag dilaporkan,” tegasnya.

Dia berharap, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meninjau kembali program tersebut. Ini penting untuk menjamin efektifitas anggaran yang digunakan untuk pendidikan.

“Sebaiknya program ini ditiadakan saja,” pungkasnya. (cr-fir/r7)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *