Ketik disini

Headline Metropolis

Dua Jempol Buat Kadispenda NTB

Bagikan

*Balik Nama Kendaraan Luar Gratis Lagi

MATARAM – Dinas Pendapatan Daerah NTB kembali memberikan keringanan bagi wajib pajak pemilik kendaraan pelat nomor luar daerah. Terhitung sejak 5 Mei hingga 15 Desember 2015, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) gratis. Biaya pokok pajak pun diberi diskon pula.

“Yang dibayar hanya pokok pajak sebesar 50 persen. Biaya administrasi juga gratis,” kata Kepala Dispenda NTB Hj Putu Selly Andayani kepada koran ini, kemarin (7/5).

Dia mengatakan, program ini dimodifikasi kembali setelah tahun lalu sempat diberlakukan selama dua bulan. Bedanya, rentang waktunya disiapkan lebih lama, mencapai tujuh bulan. “Kami menunggu seluruh pemilik kendaraan luar daerah di SAMSAT,” imbuh mantan Kepala Biro Keuangan Pemprov NTB ini.

Etimasi saat ini, sedikitnya 3.000 kendaraan plat luar berada di NTB. Kendaraan itu antara lain dari Jakarta, Surabaya, dan juga Bali. Karena dari luar daerah, pajak tahunan kendaraan tersebut dibayarkan di daerah asalnya. Padahal, sesuai aturan, setelah 90 hari berada di NTB, kendaraan pelat luar ini harus segera menjalani proses bea balik nama.

Kebijakan ini dilakukan, kata Selly, untuk terus meningkatkan potensi pendapatan daerah dari pajak kendaraan bermotor. Selain itu, juga untuk memotivasi masyarakat wajib pajak agar terpacu membayar pajak tepat waktu.

Sekaligus untuk memvalidasi data jumlah kendaraan bermotor di NTB pada tahun berjalan. Sekaligus mengetahui potensi data kendaraan bermotor baik yang masih aktif maupun yang tidak aktif.

Data tahun lalu, tercatat ada 1,2 juta kendaraan di NTB. Yang termasuk potensi aktif sebanyak 674.352 unit dan sisanya 540.064 unit merupakan kendaraan bermotor kategori tidak aktif karena rusak berat, hilang, kredit macet atau besi tua. Total yang melakukan daftar ulang pada Samsat untuk membayar pajak mencapai 540.064 unit. Dengan realisasi pajak kendaraan Rp 218,001 miliar.

Selly menegaskan, pihaknya juga terus melakukan terobosan untuk peningkatan layanan. Eksistensi Samsat Weekend terus diperkuat. Layanan tidak hanya dibuka pada akhir pekan. Namun, dibuka sepanjang pekan dimulai pada sore hari hingga malam.

Khusus hari minggu, layanan pembayaran pajak kendaraan dibuka di lokasi Car Free Day di Jalan Udayana. Sehingga para pemilik kendaraan memiliki kebebasan merencanakan kapan hendak membayar pajak kendaraan mereka. Sementara Samsat keliling juga terus dimaksimalkan.

Pihaknya juga kata Selly, terus meningkatkan sinergisitas dengan instansi lainnya baik kepolisian maupaun dengan jasa raharja. Arahnya adalah menciptakan layanan yang mudah, efisien, dan efektif. (kus/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *