Ketik disini

Metropolis

Hore, Pemkot Mau Bangun Bendungan

Bagikan

* Atasi Banjir di Mataram

MATARAM – Mendapat kritikan dari legislatif, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh panas. Ia menyatakan akan membangun bendungan di wilayah timur Kota Mataram agar tidak terjadi banjir lagi. “Udah saya usulkan ke BWS, kita harus punya bendungan di bagian hilir,” ujarnya.

Ahyar menjelaskan, bendungan tersebut berfungsi menampung air sungai yang datang dari wilayah hilir, Lombok Barat maupun wilayah Lombok lainnya. Dari bendungan, air akan diurai sehingga tidak membeludak ketika hujan besar.

Ada dua lokasi yang kemungkinan bisa digunakan, yakni perbatasan Gerimak dengan Lombok Barat. Opsi kedua di Kelurahan Turide. “Perkiraan lahan yang dibutuhkan sekitar lima hektare,” ujarnya.

Usulan tersebut sudah disampaikan kepada Balai Wilayah Sungai (BWS). Sekarang sedang dalam proses pembahasan. Selain menjadi pencegah banjir, bendungan tersebut juga difungsikan menjadi tempat rekreasi. Sehingga memberi efek ekonomi bagi warga. Ahyar yakin dengan adanya bendungan, masalah banjir di Mataram teratasi. “Biaya dibutuhkan masih dihitung. Untuk pembebasan lahan kita siap,” ujarnya.

Ia menambahkan, banjir kemarin memang sulit diprediksi. Sebab curah hujan dari hulu sampai hilir sangat besar. Kemudian saluran yang ada tidak cukup menampung air. “Tapi dengan rencana jangka panjang ini, kami bisa mengatasi banjir,” katanya.

Kepala Dinas PU Kota Mataram Mahmudin Tura menambahkan, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan pusat dan provinsi agar rencana ini bisa terealisasi. (ili/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys