Ketik disini

Politika

Bawaslu Kuliahi Mahasiswa

Bagikan

* Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Kampus

MATARAM – Beragam upaya dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB dalam menggalang partisipasi dalam pemilu. Terutama menyangkut pengawasan pemilu partisipatif pada pilkada serentak 2015 di tujuh kabupaten/kota. Bawaslu NTB menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan menyasar dua kampus.

Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif tersebut berlangsung di Universitas Mataram dan Universitas Muhammadiyah. Ketua Bawaslu NTB M Khuwailid mengatakan pengawasan pemilu partisipatif penting sebagai upaya meningkatkan kualitas pemilu terutama pilkada serentak 2015. “Sosialisasi dilakukan di 30 universitas di NTB dan SMA sederajat,” kata Khuwailid saat berbicara di hadapan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram.

Mahasiswa dan pelajar diharapkan dapat memperluas informasi mengenai pentingnya pengawasan pemilu partisipatif tersebut. Bawaslu menyampaikan sejumlah materi di antaranya peran bawaslu dalam pengawasan pemilu, strategi pengawasan pemilu, pelanggaran pemilu dan tindak lanjut penanganan pelanggaran pemilu.

Khuwailid menjelaskan pengawasan pemilu lebih mengarah pada upaya untuk mencegah. Belajar dari pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden, banyak modus barus yang terjadi. Menurut dia, berbagai modus baru itu harus segera dicegah sehingga tidak terjadi saat pilkada. “Misalnya terkait keterlibatan PNS, politik uang, dan pelanggaran pemilu yang bersifat administrasi. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati,” tandas dia.

Mahasiswa yang menerima materi tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa peserta bahkan menanyakan upaya masif Bawaslu dalam menangani pelanggaran pemilu. Mahasiswa tertarik untuk terjun langsung dalam praktik pengawasan pilkada 2015.

Pembantu Dekan II Fakultas Hukum Unram Kurniawan mengapresiasi sosialisasi tersebut. Dia menilai mahasiswa harus mengikuti perkembangan politik terutama terkait dengan peraturan perundang-undangan mengenai pemilu. “Sosialisasi ini sangat berkaitan dengan pemahaman mahasiswa mengenai undang-undang pemilu,” katanya.

Dia berharap mahasiswa harus mengikuti perkembangan menyangkut pilkada serentak 2015. Lagipula banyak hal yang baru tercantum dalam undang-undang pemilu sekaligus memberikan wawasan tersendiri bagi mahasiswa. (tan/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *