Ketik disini

Sportivo

Geber Koordinasi Antar Lini

Bagikan

* Garuda Muda Jelang Kontra Malaysia U-23

JAKARTA – Aji Santoso, Pelatih Kepala Timnas U-23 paham betul bahwa target besar menjadi juara di ajang SEA Games tidak akan mudah diraih. Untuk itu, persiapan dan serangkaian ujicoba sudah disiapkan buat Garuda Muda -julukan Indonesia U-23. Salah satunya yakni ujicoba melawan Malaysia U-23 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung (21/5) mendatang.

Pertandingan pemanasan sudah dijalani Manahati Lestusen dkk saat mengalahkan Persigar Garut enam gol tanpa balas. Tetapi, kemenangan itu tidak bisa menjadi tolok ukur kemampuan Garuda Muda. Aji menyatakan bahwa pihaknya terus akan melakukan perbaikan di semua sektor Timnas U-23, terutama koordinasi antar lini.

Dengan bergabungnya sejumlah pemain baru, seperti Yandi Sofyan Munawar, Yohanes Ferinando Pahabol, Syaiful Indra Cahya, dan M Hargianto akan menjadi tantangan tersendiri bagi tim pelatih utnuk menyatukan tim. “Sejauh ini adaptasi memang berjalan lancer, tetapi untuk SEA Games 2015 nanti, kami akan terus melakukan drill latihan buat pemain,” tegas Aji kepada Jawa Pos kemarin (17/5).

Dalam persiapan yang ada saat ini, Indonesia U-23 memang dihadapkan masalah kompetisi yang mandek lantaran konflik antara Kemenpora dengan PSSI. Tetapi semua itu ingin ditepiskan skuad Garuda Muda dengan penampilan yang bagus di SEA Games 2015 nanti.

Aji menjelaskan bahwa saat ini pihaknya ingin memberikan pemahaman kepada pemain pola permainan tim di SEA Games. “Setidaknya sudah mereka tunjukkan dalam pertandingan lawan Persigar, Sabtu kemarin,” terang mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

Pola permainan dengan kombinasi bola pendek dan ball possession memang ingin dijadikan trade mark Garuda Muda. Tidak mudah memang, tetapi upaya terus dilakukan demi permainan terbaik tim. Kemarin, skuad Garuda Muda memang diliburkan dari rutinitas latihan. Sepanjang hari, pemain diliburkan untuk menghilangkan penat.

“Hari ini kembali latihan, pagi-sore. Kerja keras harus kami jalani, apalagi kami akan menghadapi Malaysia U-23 dalam uji coba,” tegasnya. Menurut Aji, permainan sesungguhnya skuad asuhannya sudah terlihat dalam uji coba melawan Persigar. Tetapi dia menginginkan koordinasi antar lini terus ditingkatkan.

“Kami terus belajar dari kesalahan, mencoba menerapkan strategi pelatih dalam permainan,” Evan Dimas Darmono, gelandang Timnas U-23. Pernyataan Evan tersebut cukup beralasan, sebab saat ini timnya tengah melakukkan upaya perbaikan. Gelandang Persebaya tersebut yakin bahwa Garuda Muda siap memberikan yang terbaik dalam laga uji coba melawan Malaysia U-23 nanti. (nap/r10)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *