Ketik disini

Bima - Dompu

Tiga Paket Final, HBY Masih Jomblo

Bagikan

*Dinamika Politik Jelang Pilkada Dompu

Secara perlahan situasi politik menjelang Pilkada Dompu semakin terang. Terutama paket bakal calon yang akan tampil. Berikut ulasannya.

***

PENDAFTARAN pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu akan dimulai 26 sampai dengan 28 Juli 2015 mendatang. Ini sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan KPU Dompu. Meski jadwal pendaftaran tinggal menghitung bulan. Namun tidak semua bakal calon bupati sudah memiliki kandidat pendamping.

Sejauh ini, sudah tiga paket yang final memiliki pasangan pendamping. Meski belum dideklarasikan, namun dipastikan ketiga paket itu resmi akan maju dalam pesta demokrasi tersebut. Hal itu ditandai dengan pergerak politik masing-masing kandidat dalam mensosialisasikan diri maupun mengincar dukungan partai politik sebagai kendaraan.

Ketiga paket itu. Yakni paket pertama, Syafruddin Yasin-Rafiudin H Anas (SYAFIR) dengan jargon LAMBA RASA. Paket ini merupakan perpaduan antara birokrat dan politisi. Syafruddin adalah birokrat tulen di Kementerian Transmigrasi RI. Sedangkan, Rafiudin adalah politisi ulung yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Dompu periode 2009-2014.

Selanjutnya, paket kedua, Kisman Pangeran dan H Abubakar Ahmad (Kisman-Ompu Beko). Pasangan ini memiliki slogan, “Yang Muda Memimpin. Yang Tua Membimbing”. Kisman adalah pengecara lokal. Sedangkan Ompu Beko bukanlah figure baru dalam pentas politik Dompu. Pria ini merupakan mantan bupati Dompu.

Paket final lainnya, H Muliyadin dan Imansyah Soebari (Mulya-Iman). Paket yang memiliki jargon a�?Bangga Bangun Desaa�? ini, juga merupakan perpaduan birokrat dan politisi. H Mulyadin adalah birokrat di Lombok Barat. Sedangkan, Soebari merupakan Ketua DPC PDIP Dompu.

Jika sejumlah penatang itu sudah memiliki wakil. Beda halnya, dengan kandidat petahana H Bambang M Yasin (HBY). Pria yang dikenal dengan profesor jagung itu, hingga kini belum memiliki pasangan. Nampaknya, HBY masih bimbang memilih pendamping.

Kebimbangan itu terlihat, ketika salah satu tim HBY melalui akun facebooknya merilis nama-nama calon pendamping untuk dimintai tanggapan publik. Bakal calon wakil yang ditawarkan berasal dari 4 orang birokrat, 1 orang militer dan 5 orang politisi.

Sejumlah kandidat calon wakil dimaksud. Dari birokrat, H Muhibuddin, H Ikhtiar, M Amin, dan Arifuddin. KemudianJalal bin Saleh dari kalangan militer. Sedangkan dari politisi, Iwan Kurniawan, Abdullah, M Amin, Sunandar dan M Suriyanto Taufik.

Meski sudah resmi memiliki pasangan. Namun hingga kini sejumlah kandidat belum mendapat dukungan partai politik. Untuk tampil dalam Pilkada, para kandidat wajib mengantongi dukungan 20 persen dari total 30 kursi di DPRD Dompu. Atau minimal 6 kursi dewan. (SAUDI )

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys