Ketik disini

Headline Metropolis

Wagub Tantang AP I

Bagikan

* Terkait Perpanjangan Runway

MATARAM – PT Angkasa Pura (AP I) ditantang membuka hitungan riil mereka atas langkah “mengabaikan” rencana perpanjangan runway Bandara Internasional Lombok (BIL). Penjelasan harus disampaikan manajemen AP I secara terbuka pada publik. Termasuk kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberi instruksi langsung.

“Ini sudah menjadi instruksi Presiden. Jadi, Angkasa Pura I harus mampu memberikan analisis riil untuk dijelaskan kepada Presiden juga,” tandas Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin.

Selama ini, kata Wagub, pihak AP I memang belum menyodorkan alasan yang mendasari mereka belum menindaklanjuti perpanjangan runway BIL. Kendati hal ini telah menjadi instruksi Presiden sejak era Susilo Bambang Yudhoyono dan juga Joko Widodo.

Mereka hanya berargumen itu belum dibutuhkan. Itu sebabnya, Wagub menuntut perusahaan memberikan hitung-hitungan pasti. Sehingga memiliki argumen serupa. “Katanya tidak layak. Tapi apanya yang tidak layak. Dihitung dulu dong! Jadi tidak hanya sekadar membuat alasan,” tandas Wagub.

Selain kepada Presiden, Pihak Angkasa Pura I juga harus menjelaskan tindakan mereka kepada publik di NTB. “Biar masyarakat juga tahu. Kenapa mengatakan, kalau perpanjangan runway BIL belum diperlukan,” tandas Wagub.

Ia menekankan, kendati perkembangan BIL sepenuhnya merupakan kewenangan pihak AP I. Namun, pemprov sendiri juga berkepentingan dengan keberadaan BIL. Terlebih, pemerintah juga memiliki aset di sana.

Amin berkeyakinan, apapun kebijakan strategis yang hendak diambil, terutama terkait pembangunan runway juga dikoordinasikan antara pemerintah daerah.

Apalagi, perpanjangan runway BIL tersebut juga merupakan instruksi langsung dari Presiden kepada pihak AP. Sehingga, sambung Amin, menjadi pertanyaan jika sekarang tiba-tiba AP I mengatakan kalau perpanjangan tersebut belum diperlukan.

Secara tidak langsung, AP dinilai telah mengabaikan instruksi Presiden.

Diketahui, pada acara peringatan dua abad meletusnya Gunung Tambora (11/4), Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada pihak AP supaya segera memperpanjang runway BIL. Ini mengingat NTB, terutama Lombok sebagai salah satu daerah pariwisata ke depan akan lebih banyak dikunjungi wisatawan. Sehingga, harus ditopang juga dengan pembangunan infrastruktur memadai. (uki/r12/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *