Ketik disini

Sumbawa

KPU Rilis Syarat Calon Perorangan

Bagikan

TALIWANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa Barat mulai merilis sejumlah syarat yang harus dipenuhi pasangan calon bupati/wakil bupati yang maju melalui jalur perseorangan (indipendent).

Ketua KPU KSB, Khaeruddin SE Senin, kemarin menjelaskan, bagi pasangan calon yang maju melalui jalur indipendent pada pilkada KSB Desember mendatang harus bisa mengantongi dukungan minimal 10 persen dari total jumlah penduduk.

‘’Jumlah penduduk KSB saat ini sebanyak 132.219, jika syarat minimalnya 10 persen, artinya pasangan calon dari jalur indipendent ini harus mengantongi dukungan sekitar 13.222,’’ katanya.

Komisioner dua periode ini menjelaskan, syarat minimal dukungan itu sesuai dengan keputusan KPU KSB nomor 09/Kpts/KPU-Kab-017.433883/2015 tentang persyaratan pencalonan untuk pasangan calon perorangan berupa jumlah dukungan dan persebaran dalam pemilihan bupati dan wakil bupati KSB tahun 2015.

‘’Jumlah dukungan sebagaimana yang disebutkan tadi tersebar dilebih dari 50 persen jumlah kecamatan atau paling sedikit lima kecamatan dari 8 total seluruh kecamatan di KSB,’’ sebutnya.

Dukungan pasangan calon perorangan ini dibuatkan berupa dokumen dalam bentuk surat pernyataan dukungan dengan menggunakan formulir model B.1-KWK perseorangan dan rekapitulasi jumlah dukungan setiap deda/kelurahan dengan menggunakan formulir model B.2-KWK perseorangan. ‘’Dokumen itu diserahkan kepada KPU KSB dalam bentuk softcopy dan hardcopy dengan dilampiri foto copy indentitas kependudukan pemberi dukungan,’’ paparnya.

Kapan penyerahan dokuman dilakukan? Heru demikian komisioner disapa menjelaskan, penyerahan dokumen pasangan calon perorangan ini dimulai pada tanggal 11 sampai 15 Juni 2015 dikantor KPU Sumbawa Barat. ‘’Kita membuka penerimaan dokumen itu mulai pukul 8.00 wita hingga 16.00 wita atau pada jam kerja,’’ tambahnya.(far/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *