Ketik disini

Kriminal

Polda Gelar Operasi Patuh

Bagikan

MATARAM – Kepolisian Daerah (Polda) NTB menggelar Operasi Patuh 2015 hari ini. Operasi tersebut digelar Ditlantas Polda NTB, langsung di bawah komando Korlantas Mabes Polri. Operasi ini berlangsung selama 14 hari.

“Operasi ini digelar serentak di seluruh Indonesia, mulai besok (hari ini, Red) hingga 9 Juni mendatang,” ujar Kabidhumas Polda NTB AKBP Tribudi Pangastuti pada Lombok Post, Selasa (26/5).

Operasi tersebut digelar salah satunya untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Sasarannya, lanjut Tribudi, memeriksa kelengkapan dan kelayakan kendaraan, berikut pengendaranya.

Seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan kelengkapan fitur dari kendaraan. Sedangkan untuk kelengkapan pengendara, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan penggunaan helm standar.

“Apel Operasi Patuh akan dimulai pada pukul 07.00 Wita di Lapangan Gajah Mada Mapolda,” jelasnya.

Disebutkan pola operasi, 50 persen diarahkan untuk pembinaan, 30 persennya pencegahan, kemudian 20 persen untuk penegakan hukum. Titik-titik operasi akan ditempatkan pada jalur-jalur strategis yang biasanya dilalui para pengendara.

Personel yang diterjunkan tidak hanya dari Satuan Polisi Lalu Lintas (Sat Lantas), tapi juga dari satuan yang lain, seperti Sat Sabhara.

“Kami mengimbau kepada warga dan pengendara agar mematuhi aturan lalu lintas,” ajaknya.

Sebelumnya, polisi menggelar Operasi Simpatik. Namun, operasi tersebut lebih ke pendekatan preventif, serta humanis. (cr-deq/r4)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *