Ketik disini

Pendidikan

MTsN 1 Juara Umum KSM dan Aksioma

Bagikan

MATARAM — Kualitas MTsN 1 Mataram tidak bisa dipandang remeh. Pada lomba Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tingkat kota, madrasah ini berhasil menjadi juara umum. Ada 20 piala berhasil digondol.

‘’Dari 20 piala, delapan siswa yang meraih juara pertama. Selanjutnya berlaga di tingkat provinsi,’’ kata Pembina KSM Saihul Hadi pada Lombok Post. Dikatakan, sedangkan untuk juara II dan III tak bisa melenggang ketingkat provinsi. Meski demikian, ia yakin siswa yang melaju ke tingkat provinsi akan menjadi duta NTB di ajang KSM dan Aksioma nasional.

Sebelum lomba diberikan pembinaan intensif selama satu pekan. Setiap siswa yang lolos pada seleksi KKM tingkat madrasah diberikan pembinaan.

‘’Sebelum ke tingkat kota, kami adakan seleksi ditingkat Kelompok Kerja Madrasah (KKM) terlebih dahulu,’’ terangnya.

Setelah itu, kata dia, siswa yang lolos ditingkat KKM dipercaya mengikuti lomba tingkat kota. Seleksi di tingkat KKM, perwakilan siswa MTsN 1 Mataram paling banyak lolos. “Pembinaan KSM bukan hanya dilaksanakan saat menjelang lomba. Namun sudah dipersiapkan sejak masuk di madrasah melalui kelas unggulan,” bebernya.

Siswa MAN 2 Mataram Baiq Fadila Aisyah binaan kami. Saat duduk di bangku MTs ia meraih medali emas ajang KSM nasional,’’ katanya.

Peraih juara I KSM tingkat kota Hidzul Mahidza Falah mengatakan, ajang KSM soalnya gampang-gampang susah. Saat lomba dibutuhkan analisis untuk memahami soal. ‘’Kita harus pahami apa maunya soal,’’ katanya.

Menjadi juara I KSM bidang biologi tak lepas dari pembinaan madrasah secara rutin. Ada pembahasan soal-soal KSM tahun lalu. Sehingga ada bayangan pada saat lomba.

‘’Tiap hari kita diberikan pembinaan. Untuk tingkat provinsi akan mempersiapkan diri dengan lebih maksimal lagi,” ucap siswa asal Kekalik Mataram ini. (jay/*/r13)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *