Ketik disini

NASIONAL

Pelunasan BPIH Dimulai Hari Ini

Bagikan

JAKARTA – Masa pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler 2015 resmi dibuka mulai hari ini. Ketentuan pelunasan tetap menggunakan kurs dolar (USD) sesuai dengan kurs riil versi Bank Indonesia (BI).

Awalnya sempat beredar kabar, pelunasan BPIH 2015 menggunakan kurs tetap. Yakni mengacu pada pembahasan antara Kementerian Agama (Kemenag) dengan Komisi VIII (Bidang Agama) DPR. Pada saat pembahasan BPIH 2015 ditetapkan kurs acuannya adalah USD 1 = Rp 12.500. Dengan demikian besaran rata-rata BPIH 2015 sejumlah USD 2.717 bisa dipatok setara dengan Rp 33,9 juta.

Namun dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 28 Tahun 2015 dinyatakan pelunasan BPIH sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Dalam pasal 4 dijelaskan, pembayaran BPIH dilakukan dengan mata uang dolar (USD) atau uang rupiah (Rp) sesuai dengan kurs jual transaksi BI. Dengan demikian nilai pasti pelunasan BPIH setiap harinya berbeda-beda sesuai dengan kurs dolar yang berlaku di BI.

Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay membenarkan kurs pelunasan BPIH tidak flat seperti wacana beberapa waktu lalu. Namun dengan penurunan BPIH yang signifikan, dari USD 3.219 tahun lalu menjadi USD 2.717 tahun ini, Saleh mengatakan nominal rupiahnya tetap lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Dia menjelaskan rata-rata BPIH 2014 jika dikurskan waktu itu setara dengan Rp 37,2 juta. Tetapi untuk BPIH 2015 yang sebesar USD 2.717 diperkirakan setara dengan kurs saat ini sekitar Rp 35,8 juta. “Tetap lebih murah tahun ini kan. Baik dari nilai dolar atau rupiah,” jelas politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Saleh memprediksi hari pertama atau masa-masa awal pelunasan BPIH tahap pertama akan ramai sekali. Sebab masyarakat saat ini sudah mengetahui nilai tukar rupiah terhadap dolar masih belum stabil. Tiba-tiba nilai tukar rupiah bisa anjlok menjadi USD 1 = Rp 13.260.

“Tentu calon jamaah haji akan segera melunasi BPIH, daripada menanggung risiko rupiah jeblok,” papar dia. Saleh menuturkan jika memang sudah ada uangnya, calon jamaah haji diminta segera pergi ke bank melunasi BPIH.

Umumnya calon jamaah yang berangkat tahun ini sudah membayar uang muka BPIH sebesar Rp 25 juta. Dengan demikian mereka tinggal menyiapkan uang pelunasan sekitar Rp 11 juta. Sedangkan bagi calon jamaah yang membayar uang muka BPIH sebesar Rp 20 juta, berarti harus menyiapkan uang pelunasan sekitar Rp 16 juta. Namun perlu dicatat besaran BPIH di setiap embarkasi berbeda-beda.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Abdul Jamil mengatakan kuota jamaah haji reguler tahun ini sebesar 155.200 orang. Jamil sepakat bahwa calon jamaah haji segera melakukan pelunasan BPIH. Sehingga bisa segera menjalani proses pemberkasan di Kantor Kemenag kabupaten/kota setempat.

Namun Jamil mengingatkan, Kemenag menyiapkan masa pelunasan tahap kedua. Yakni mulai 7 Juli hingga 13 Juli. Pelunasan tahap kedua ini untuk jaga-jaga jika ada calon jamaah haji yang mengalami gangguan teknis pelunasan BPIH pada tahap pertama. Selain itu pelunasan tahap kedua juga dipakai jika ada sisa kuota atau kursi dari masa pelunasan tahap pertama.

“Kita berharap kuota haji reguler tahun ini terserap optimal seperti tahun lalu,” katanya. Pengalaman tahun lalu semua kursi haji reguler nyaris terserap semuanya. Jamil menuturkan Kantor Kemenag kabupaten/kota hingga Kantor Urusan Agama (KUA) sudah mulai sosialisasi calon jamaah yang berhak melunasi BPIH reguler 2015. (wan/r3)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys