Ketik disini

Bima - Dompu

Ratusan Motor Terjaring Razia

Bagikan

DOMPU – Meskipun sempat memicu kericuhan di Kota Bima, Satuan Lantas Polres Dompu terus menggelar operasi patuh di sejumlah titik. Ratusan motor terjaring.

Kasatlantas Polres Dompu Iptu Arif Abdillah mengatakan, hingga Jum’at (29/5) tercatat sekitar 140 unit motor yang terjaring. Belum lagi yang terjaring Sabtu dan Minggu. “Sementara kita hanya menggelar operasi di seputaran kota. Rencananya beberapa hari ke depan kita akan menyentuh wilayah pelosok,” katanya.

Ratusan motor tersebut sementara diamankan di Polres setempat. Menunggu waktu persidangan. “Kita juga membuat kebijakan bagi pemilik kendaraan. Mereka bisa membawa pulang motor dengan jaminan STNK atau SIM,” ujarnya.

Operasi patuh, kata dia, bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan. Tujuan itu diakui, akan tercapai ketika pelanggaran lalulintas berkurang. “Operasi ini diberlakukan untuk pengendara sepeda motor, mobil, dan angkutan umum,” sebutnya.

Diakui, sasaran pelanggaran yang paling banyak adalah untuk pengendara sepeda motor. Yakni sebanyak tujuh sasaran.

Di antaranya, melawan arus, pembonceng tidak menggunakan helm, plat motor tidak asli, melanggar marka jalan dan garis stop. Sasaran lainnya, yakni melanggar lampu merah, naik motor lebih dari dua orang dan motor melaju pada jalur kiri apabila ada jalur kanalisasi serta menyalakan lampu pada siang hari.

Diakui, sebagian dari pengemudi yang terjaring merupakan kalangan pelajar. Bahkan jumlahnya cukup banyak. “Kita tidak tau berapa jumlahnya. Yang pasti, banyak pengendara sepeda motor dari pelajar yang terjaring dalam operasi ini,” pungkasnya. (cr-fir/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *