Ketik disini

Headline Sportivo

Harus Menang Melawan Kamboja

Bagikan

KEKALAHANA�telak timnas Indonesia U-23 atas Myanmar di pertandingan pertama Grup A memang menyesakkan. Sebab, pasukan Aji Santoso membutuhkan kemenangan itu sebagai bekal untuk mendongkrak konfidensi pascakondisi sepakbola tanah air yang tak menentu.

Namun, tidak ada waktu bagi Manahati Lestusen dkk untuk meratapi kekalahan tersebut. Sebab, mereka sudah harus menatap laga kedua menghadapi Kamboja di Stadion Jalan Besar Sabtu nanti (6/5).

Karena itu, sehari setelah pertandingan atau kemarin sore (3/5), timnas Garuda Muda kembali menggelar latihan yang dilangsungkan di Lapangan Sintetis ITE Central College.

Meski di wajah-wajah para pemain masih tampak kesedihan akibat kekalahan Selasa malam itu, namun setidaknya mereka mulai bisa sedikit tersenyum dan tertawa dengan berbagai guyonan yang dicetuskan oleh Manahati kepada mereka.

Hanya, dalam latihan tersebut, nampak sedikit masalah ketika Adam Alis Setyano harus minggir ke tepi lapangan. Pemain yang menempati posisi sebagai gelandang serang itu tampak mendapatkan perawatan pada lututnya.

“Ya, memang pemain inti hari ini (kemarin) mengalami sedikit problem kebugaran. Jadi, saya mereka hanya berlatih ringan saja. Pagi tadi juga saya agendakan jogging,” ujar Aji ketika ditemui selepas latihan.

Pelatih asal Malang itu mengatakan, dirinya telah memberikan semangat kepada pemain bahwa mereka masih bisa untuk lolos ke babak semifinal. Syaratnya, mereka harus menang melawan Kamboja nanti.

Menurut Aji, itu merupakan kunci pertama sekaligus paling penting dalam membangun fondasi kepercayaan diri dari para pemain agar mereka bisa segera kembali ke jalur permainan yang benar.

“Karena itu, dalam pertandingan melawan Kamboja nanti, saya akan melakukan beberapa perubahan,” timpalnya.

Perubahan itu, jelas Aji, mempunyai beberapa peranan. Selain untuk memberikan kesempatan rotasi demi mempertahankan kondisi pemain, dirinya juga ingin menampilkan strategi berbeda daripada ketika menghadapi Myanmar.

Lebih lanjut, pria yang semasa aktif bermain menempati posisi bek itu mengatakan akan melakukan dua perubahan pada posisi yang berbeda.
“Saya akan melihat maksimal sehari sebelum pertandingan,” tuturnya.

Meski Aji tidak mau untuk mengungkapkan lebih lanjut siapa saja yang akan diganti, dengan melihat laga Myanmar kemarin, nampaknya posisi penjaga gawang serta bek tengah akan masuk dalam bahan evaluasi.

Apalagi, gol ketiga Myanmar yang dicetak oleh Si Thu Aung pada menit 54 berawal dari salah oper yang dilakukan oleh Natsir kepada Hansamu Yama Pranata sehingga berakibat kepada bola tersebut langsung disambar oleh Aung untuk menjadikan gol ketiga Myanmar sekaligus meruntuhkan mental dari timnas U-23.

Dikonfirmasi mengenai hal itu pun Aji tetap bungkam dan tetap menjawab bahwa dirinya akan melihat perkembangan sampai Jumat depan.

“Baru dari situ saya akan tahu siapa saja yang akan masuk kedalam skuad nanti,” tandasnya. (apu/r7)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *