Ketik disini

Metropolis

Parkir Sembarangan, Kendaraan Digembok!

Bagikan

MATARAM – Transportasi Mataram mendapat kritikan dari kementerian perhubungan dalam penilaian penghargaan Wahana Tata Nugraha. Satu catatan penting yang harus dibenahi Kota Mataram ke depannya adalah transportasi.

Kurangnya kesadaran warga dinilai jadi penyebab utama. Baik dalam berlalu lintas maupun parkir. Banyak pengendara sepeda motor maupun mobil, sembarangan saat memarkir kendaraannya. “Kami menemukan beberapa warga parkir sembarangan di tempat yang sudah jelas-jelas dilarang parkir,” terang Iman, salah seorang tim penilai dari pusat.

Sementara Wakil Wali Kota H Mohan Roliskana menerangkan siap memberlakukan sanksi. “Nanti agar memberi efek jera, motor atau mobil yang parkir sembarangan, kita gembok atau kita derek,” kata Mohan.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram, H Khalid mengaku telah mengusulkan Raperda tentang perparkiran di DPRD Kota Mataram. Agar, nantinya ada payung hukum bagi Dinas Perhubungan untuk meberlakukan sanksi tersebut.

“Kalau untuk mengimbau dan sosialisasi tentang larangan parkir sembarangan, kami sudah sering lakukan. Sayangnya itu tidak maksimal. Jadi harus disanksi saja biar ada efek jera,” terang Khalid.

Ditambah, menurutnya setiap hari kendaraan motor maupun mobil bertambah. Sehingga, kalau hanya sekedar sosialisasi dan imbauan dirasakan kurang efektif. Buktinya, fakta di lapangan menunjukkan masih banyak warga parkir sembarangan di bahu jalan. Sehingga mengganggu arus lalu lintas.

“Padahal dalam Undang-Undang 22 tahun 2009, sudah dijelaskan jalan nasional atau jalan Provinsi dilarang digunakan untuk parkir,” jelas Khalid.

Ia berharap anggota dewan segera bisa mengeluarkan perda tersebut agar masalah parkir sembarangan ini bisa teratasi. (ton/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *