Ketik disini

Bima - Dompu

Bronjong Dibangun, Warga Matua Lega

Bagikan

DOMPU – Banjir menjadi masalah yang sering dihadapi warga Desa Matua, Kecamatan Woja ketika musim hujan. Namun kini warga setempat bisa bernapas lega. Pasalnya bronjong telah dibangun untuk mengantisipasi meluapnya air sungai.

Pengerjaan bronjong sepanjang 200 meter itu dimulai sejak pertengahan bulan Mei 2015 lalu. Proyek itu dikerjakan Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara 1.

Pengerjaan bronjong itu disambut gembira warga setempat. Sebab dengan adanya bronjong itu, lahan warga dipinggir sungai tidak lagi terkikis banjir.

M Yusuf, salah satu warga yang tinggal di sekitar sungai itu mangaku lega. Sebab kata dia, dengan adanya bronjong itu mengurangi resiko bencana alam banjir. “Kita sangat bersyukur adanya proyek ini. Sebab perbaikan bronjong ini merupakan kebutuhan yang mendesak bagi warga disekitar sungai,” katanya pada Radar Dompu (Lombok Post Group), kemarin.

Demikian pula dikatakan Tohir, warga lainnya. Selain mengurangi resiko banjir, proyek itu juga memberikan lapangan kerja bagi warga setempat.

Bahkan diakui, semua pekerja proyek itu berasal dari warga setempat. Sebab kebanyakan warga di lingkungan itu memiliki keahlian memasang bronjong. “Kita sangat bersyukur, karena adanya proyek ini memberikan kita lapangan kerja. Sehingga kita bisa memperoleh penghasilan tambahan,” ujarnya.

Pengawas proyek O dan P III, Abdul Wahid mengatakan, pengerjaan proyek tersebut berdasarkan kebutuhan masyarakat. Tentunya dengan mengikuti semua aturan yang ada. “Volume proyek ini sekitar 800 meter kubik. Dan anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 300 juta,” sebutnya. (cr-fir/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *