Ketik disini

Kriminal

Zainuri Segera Dieksekusi

Bagikan

MATARAM – Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram bersikap tegas. Zainuri Ikhsan, Kepala Bagian (Kabag) Umum Pemkab Lobar yang terbukti menganiaya H Zulkarnain akan segera dieksekusi.

Sikap ini dilakukan Kejari karena Zainuri dinilai tidak memiliki iktikad baik dalam menjalani proses hukumnya. Ia sudah tiga kali mengabaikan panggilan Kejari. “Kita akan segera eksekusi,” ujar Kepala Kejari Mataram, Rodiansyah.

Sementara itu, pemanggilan ketiga telah dilayangkan Kejari pada Rabu (3/6). Namun, tidak ada konfirmasi terkait penundaannya.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menangani perkara tersebut sudah bersiap akan melakukan eksekusi. Namun, ia sendiri tidak merinci secara pasti kapan akan dilakukan eksekusi. “Pekan depan lah,” ujar Rodiansyah.

Sebelumnya, pihak Zainuri sendiri telah melayangkan surat permohonan penangguhan eksekusi. Dalam isi surat yang telah ditelaah jaksa. Alasan dari isi surat tidak berkekuatan yuridis. “Alasan-alasannya tidak ada yang yuridis,” sambung Kajari.

Surat penangguhan itu sendiri dimohonkan pihak Pemkab Lobar, dalam hal ini Wakil Bupati dan dari kuasa hukum tersangka sendiri.

Pemanggilan atau eksekusi itu sendiri turun langsung dari putusan Mahkamah Agung (MA). Hakim MA memerintahkan agar jaksa segera melakukan eksekusi terhadap tersangka. Sebab, putusan kasus itu sudah inkrah pada 2014 lalu.

Dalam putusan MA, Zainuri Ikhsan, Kepala bagian (kabag) Umum Lobar tersebut terbukti telah melakukan penganiyaan terhadap H Zulkarnain. (cr-deq/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *