Ketik disini

Metropolis

Alhamdulillah, Stok Sembako Aman

Bagikan

* Diskoperindag Datangi Distributor

MATARAM – Warga Kota Mataram tidak perlu resah. Stok bahan pokok atau sembako selama Ramadan aman. Kepastian itu didapat setelah Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Mataram mendatangi sejumlah distributor, kemarin. Kebutuhan sembako sampai dua bulan ke depan bisa terpenuhi.

Tinjauan lapangan Diskoperindag dimulai dari distributor minyak curah UD Lumayan. Stok minyak yang dimiliki saat ini sebanyak 24 drum, dimana per drum berisi 180 liter minyak. Sementara harga di tingkat distributor hanya Rp 10.800 per liter. Stok ini diperkirakan akan cukup untuk memenuhi permintaan selama puasa.

Sementara di UD Sukses Karya Mandiri, stok barangnya juga masih mencukupi. Pihak distributor mengaku siap melayani berapapun permintaan konsumen.

Selain itu tidak ada gejolak harga. Permintaan relatif stabil, tidak ada lonjakan. Bahkan harga kebutuhan pokok seperti gula, minyak, dan tepung di tingkat distributor turun. Seperti gula dari Rp 11 ribu turun menjadi Rp 10.800. Semenatra harga minyak kemasan relatif stabil.

Pemilik UD Sukses Karya Mandiri Antono mengaku heran dengan berita kenaikan harga. Padahal di tingkat distributor selalu aman-aman saja.

Tahun sebelumnya, permintaan malah turun. Apalagi dengan tudingan permainan distributor yang menimbun barang. Itu tidak benar. Karena menimbun barang juga membutuhkan biaya, nilai barang juga akan turun. ”Terlalu lama disimpan kami juga rugi,” ungkapnya.

Sebagai distributor pihaknya juga sudah memiliki standar harga dari pabrik barang. Bila melebihi batas yang disepakati, maka mereka juga akan ditegur pabrik. Sehingga mereka menjual sesuai dengan harga kesepakatan.

Sementara di tingkat pengecer, pihaknya tidak bisa mengendalikan. Di sana ada mekanisme pasar yang bermain. Ia menambahkan, selama pendistribusian barang lancar, tidak ada gangguan cuaca. Maka stok barang dan harga juga akan stabil. ”Kalau di pelabuhan terhambat, hal ini bisa menyebabkan ketidakstabilan, dan kenaikan harga,” terangnya.

Sementara di CV Panen Raya stok minyak kemasan disiapkan untuk dua bulan ke depan. Sehingga permintaan selama puasa akan bisa dipenuhi.

Kepala Bidang Perdagangan Uun Pujianto mengatakan, dengan kondisi ini masyarakat tidak perlu lagi merasa khawatir dengan gejolak kenaikan harga. Sebab, beberapa komoditi sembako malah turun.

Artinya, selama ini kenaikan harga lebih disebabkan psikologi masyarakat yang was-was. Sehingga membeli barang dalam jumlah berlebihan. ”Tidak usah resah, stok barang kita aman,” tegasnya.

Tinjauan lapangan tidak akan berhenti sampai di tiga distributor. Tapi akan terus dilakukan ke semua distributor di Kota Mataram. Upaya ini bertujuan memastikan stok sembako tidak kekurangan, serta bisa menekan harga barang. (ili/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *