Ketik disini

Headline Politika

Amin Khawatir Islah “Abal-Abal” Golkar

Bagikan

*Kubu Ical di NTB Tetap Eksis

MATARAM – Hingga kini masing-masing kubu di Partai Golkar masih berseteru. Meski pengurus pusat sempat menandatangani kesepakatan islah, namun kedua kubu tetap menjalankan aktivitas masing-masing. Tidak hanya di pusat, kubu Aburizal Bakri dan kubu Agung Laksono di daerah pun tetap menjaring bakal calon kepala daerah. Beringin belum juga berada dalam satu perahu.

Kondisi ini tentu menuai kekhawatiran para kader. Plt Sekretaris DPD Golkar Agung Laksono H Muhammad Amin berharap islah Partai Golkar di tingkat pusat bisa berlanjut ke daerah. Menurut dia, rekonsiliasi kedua kubu tidak hanya sekadar untuk menghadapi pilkada. “Tapi seterusnya islah dan mengambil langkah-langkah strategis. Tapi kan realitasnya berkubu-kubu ya,” kata Amin kepada wartawan di Mataram, kemarin.

Politikus senior Golkar yang juga Wakil Gubernur NTB ini menilai hingga saat ini kedua pihak di NTB belum menjalin komunikasi apapun. Pihaknya cenderung menunggu arahan dari DPP sehingga terjadi konsolidasi nasional.

Dia membenarkan realitas politik internal partai berlambang pohon Beringin itu berdampak pada ketidaknyamanan kader di daerah. Terlebih, di NTB akan berlangsung pilkada di tujuh kabupaten/kota. Partai Golkar berpeluang memenangkan pertarungan politik di masing-masing daerah berpilkada. “Realitas politik seperti ini pasti tidak nyaman bagi kader. Apalagi mengacu pada ketentuan perundang-undangan dan PKPU,” tandas dia.

Meski begitu, pihaknya tetap tunduk pada peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang partai politik. Lagipula jika mengacu pada ketentuan PKPU Nomor 9/2015, tentu kedua pihak harus bersatu dan mendaftarkan kepengurusannya kepada Kementerian Hukum dan HAM.

Pilihan lainnya adalah menunggu keputusan inkrah dari pengadilan. Hanya saja, jika menunggu keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, menurut Amin tidak dapat diatur waktunya sehingga perlu langkah kongkret dari DPP. “Kita menunggu political will dari DPP untuk ditindak lanjuti,” ujar dia.

Dilain pihak, Plt Sekretaris DPD Partai Golkar NTB versi Aburizal Bakrie, Misbach Mulyadi tetap optimistis golkar ikut pilkada. Maka itu, pihaknya tetap menjalankan proses yakni menjaring bakal calon kepala daerah. Bahkan pihaknya akan menggelar pleno diperluas hingga tingkat DPD provinsi yang hasilnya di bawa ke DPP.

Saat ini dari 73 bakal calon kepala daerah yang terdaftar di DPD I Partai Golkar NTB versi Aburizal Bakrie, akan dikerucutkan masing-masing DPD kabupaten/kota tiga hingga lima bakal calon kepala daerah. Dia yakin akhir Juni 2015 semua proses rampung sehingga tinggal menunggu hasil selanjutnya.

“Kami di Partai Golkar optimistis saja. Pengalaman kita kan golkar dan PPP selalu ikut pilkada dan menjadi peserta pemilu. Serahkan ke DPP tapi tetap kita jalankan tugas,” kata Misbach. (tan/r12)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *