Ketik disini

Bima - Dompu

Inae.. Angka Usia Sekolah Turun

Bagikan

KOTA BIMA – Kepala Dikpora Kota Bima Drs H Alwi Yasin MAP mengaku, angka usia sekolah di awal tahun 2015 menurun. Tidak heran, katanya, sekolah gencar melakukan promosi untuk mendapatkan siswa baru.  “Karena calon murid saat ini kurang, sekolah sampai jemput bola.  Mendatangi warga untuk mendapatkan murid,” jelasnya.  Pola jemput bola dan promosi dilakukan sekolah, agar jumlah siswa yang mendaftar banyak. Karena jika jumlah siswa sedikit, praktis berimbas  terhadap penerimaan dana  Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

‘’Kalau dana BOS yang diterima kecil, jelas  sangat berpengaruh terhadap pengembangan sekolah dan mutu pendidikan,’’ ujarnya.  Malah, kata dia, sekolah membuat sejumlah program yang dapat menarik  minat siswa untuk sekolah di tempat itu. Mengangkat keunggulan lokal, seperti prestasi di bidang olahraga.

‘’Ada juga sekolah menawarkan pelayanan gratis. Seperti seragam gratis, biaya sekolah gratis  dan lain-lain,’’ gambarnya.

 Malah beberapa sekolah membangun kerja sama dengan sekolah lain.  Misalnya, SMP kerjasama dengan SD, SMA jalin kerjasama dengan SMP. Sehingga mereka bisa mengambil murid dari sekolah tersebut.  Turunnya angka usia sekolah menurut Sekretaris KONI Kota Bima ini sebagai dampak dari pembatasan kelahiran atau program keluarga berencana (KB). Pertumbuhan penduduk menurun. (nk/r9)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *