Ketik disini

Metropolis

Ini Kejutan Bagi Pengangguran

Bagikan

MATARAM – Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menekan angka pengangguran di Mataram. Melalui Dinas Sosial, Tenagakerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Mataram, pemerintah telah menyiapkan program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya, program tenaga kerja mandiri dan padat karya infrastruktur.

“Program ini adalah bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja untuk memberdayakan para lulusan SMA maupun perguruan tinggi serta mereka yang belum memiliki pekerjaan,” terang Kepala Disosnakertrans Mataram, H Ahsanul Khalik.

Ia menjelaskan, Disosnakertrans telah mendapat bantuan dana sebesar Rp 1 miliar untuk menjalankan program ini. Disosnakertrans kini tinggal menunggu petunjuk teknisnya. Dijelaskan, program ini diperuntukkan bagi muda-mudi di Mataram.

Mereka diminta membuat kelompok dan membentuk usaha atau program yang jelas. Sehingga bisa mendapat bantuan dari Disosnakertrans. “Misalnya saja, kelompok ini mau membuat usaha berternak ayam atau ikan. Kami akan memfasilitasi biaya pembuatan, bibit serta kebutuhan lainnya,” terangnya.

Biaya bantuan serta dukungan fasilitas lainnya tidak dikembalikan. Karena diberikan cuma-cuma oleh pemerintah. Dalam kelompok tersebut, nantinya minimal terdiri atas sepuluh orang.

Selain program tersebut, Khalik, sapaan akrabnya juga menjelaskan telah menyiapkan program bursa kerja online. Bursa kerja online ini adalah penyediaan info lowongan kerja secara online di seluruh Indonesia.

“Para pencari kerja bisa datang ke kantor Disosnakertrans menginput data mereka. Nantinya itu akan diilihat selama enam bulan oleh perusahaan yang membutuhkan karyawan diA� seluruh Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kalau saat ini upaya pemerintah menanggulangi pengagguran sudah cukup baik. Karena, terdapat 189 perusahaan baru yang mengurus izin di Mataram. Perusahaan baru ini nantinya akan menyerap sekitar 1.400 lebih tenaga kerja. Selain itu, pemerintah juga gencar menggelar job fair serta sosialisasi dan pelatihan tenaga kerja. (ton/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys