Ketik disini

Metropolis

Petugas Kelurahan Kok Pungli?

Bagikan

MATARAM – Isu adanya pungutan liar berkembang di Kelurahan Kekalik Jaya, Kecamatan Sekarbela. Salah seorang warga yang meminta surat pengantar pembuatan Kartu Keluarga mengeluhkannya.

“Untuk membuat surat pengantar, katanya ada biaya administrasi. Padahal dalam aturan semua biaya untuk pembuatan surat kependudukan digratiskan. Gimana ini? Kok masih ada pungli,” ungkap seorang warga yang enggan dikorankan namanya.

Lombok Post kemudian melakukan klarifikasi pada Lurah Kekalik Jaya, Fathurrahman. Sesuai prediksi, sang Lurah langsung memberi bantahan. “Semua masalah pengurusan terkait surat kependudukan itu tidak dipungut biaya. Kalaupun memang ada laporan seperti itu, saya akan tindak tegas oknum petugasnya,” kata Fathurrahman.

Menurutnya, warga yang ditarik pungutan tidak boleh membiarkan begitu saja praktek pungli. Warga bisa melaporkan hal tersebut kepada lurah. Sehingga, praktik pungli seperti ini tidak berlanjut.

Sebelumnya, sekretaris kelurahan Kekalik Jaya yang ditemui di Kantor Lurah juga mengatakan, semua pengurusan terkait catatan kependudukan gratis. “Warga juga harus pintar. Karena dalam aturan memang tidak ada pungutan apapun. Kecuali kalau masalah pengurusan izin. Itupun tidak ada paksaan,” jelasnya.

Dengan adanya kejadian ini, warga Kekalik Jaya berharap pihak kelurahan maupun kecamatan lebih tanggap dan segera menindak para pelaku pungli. (ton/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys