Ketik disini

Tanjung

Terminal Bayangan Mulai Ditertibkan

Bagikan

TANJUNG – Keberadaan angkutan umum yang parkir menunggu penumpang di sepanjang jalan di depan Pasar Tanjung menjadi salah satu sumber kemacetan lalu lintas. Guna mengatasi masalah terminal bayangan tersebut Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Lombok Utara melakukan penertiban.

”Kegiatan sudah kita mulai sejak Senin lalu melibatkan kepolisian, TNI, dan Satpol PP,” ujar Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Lombok Utara M Taufik usai penertiban kemarin (9/6).

Ditambahkannya, melihat ruas jalan provinsi yang ada di Tanjung sempit, keberadaan angkutan umum seperti cidomo, angkutan desa (angdes) dan engkel yang parkir di bahu jalan seringkali menyebabkan kemacetan. ”Kendaraan kita arahkan ke terminal yang ada di sebelah pasar,” katanya.

Angkutan umum nantinya tidak diperbolehkan lagi menunggu penumpang di bahu jalan. Selama ini keberadaan terminal belum dimanfaatkan maksimal oleh angkutan umum. Kebanyakan angkutan lebih memilih menunggu di depan pasar padahal di sebelah pasar sudah dibangun terminal.

”Menaikkan dan menurunkan penumpang nanti hanya boleh di terminal,” tandasnya.

Untuk pengawasan, ke depannya Dishubkominfo akan melibatkan Satpol PP, kepolisian dan TNI. Karena tidak jarang hal ini sudah disosialisasikan sebelumnya tetapi masih saja banyak sopir angkutan yang membandel dan mengulang lagi memarkir kendaraan di bahu jalan.

Jika masih ada sopir angkutan dan kusir cidomo yang membandel maka pihak Dishubkominfo akan memberikan sanksi.

”Beberapa cidomo sudah pernah kita berikan sanksi dengan mengambil jok dan menahan kuda selama tiga hari. Ini agar mereka tertib, jangan terminal hanya untuk pajangan saja,” katanya. (puj/r11)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *