Ketik disini

Metropolis

4.000 Warga Mataram Konsumsi Narkoba

Bagikan

MATARAM – Setelah sebelumnya membentuk satgas dari kalangan lembaga pemerintahan, BNN Kota Mataram kembali membuat terobosan. Kemarin, lembaga vertikal ini membentuk satgas dari kalangan perusahaan swasta.

Sekitar 20 orang dari berbagai perusahaan swasta kemarin dilantik dan dilatih menjadi satgas. Kepala BNN Kota Mataram Nur Rachmat mengatakan, lembaganya tidak bisa sendirian memberantas peredaran narkoba.

Itulah sebabnya, BNN Kota Mataram mulai menyasar sekaligus melibatkan sejumlah perusahaan swasta. a�?Satgas yang kita bentuk ini diharapkan mampu mengimplementasikan program Pencegahan, Pemberantasan, Penggunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN),” terang Nur Rachmat.

Dengan dibentuknya satgas dari kalangan swasta, BNN Kota Mataram ingin semua perusahaan bersih narkoba. Pasalnya, dari hasil riset, peningkatan signifikan pengguna narkoba berasal dari kalangan pegawai. Baik dari kalangan pegawai swasta maupun pegawai pemerintahan.

Untuk di kalangan pelajar, sehari sebelumnya BNN juga telah membentuk satgas dari kalangan guru. Total satgas yang nanti akan dibentuk sekitar 80 orang. Para satgas ini bertugas sebagai motivator, pembina dan fasilitator.

“Dampak narkoba di kalangan pegawai sangat buruk. Mulai dari tidak fokus dalam bekerja, sering sakit, kinerja rendah dan sering bolos. Penghasilannya juga tidak terlihat. Oleh karena itu Satgas harus tanggap dan segera melapor,” terangnya.

Saat ini, pengguna narkoba di Mataram diperkirakan sekitar 1,5 persen dari jumlah penduduknya. Dengan persentase sebesar itu, Mataram memiliki pengguna narkoba sekitar 4.000 orang lebih. Para pengguna narkoba tersebar di seluruh kecamatan. “31 pecandu kemarin telah kami rehabilitasi. Mereka datang dengan sukarela. Kami menargetkan bisa merehabilitasi sekitar 200 pecandu selain dari rawat jalan,” ungkap Nur Rachmat.

Setelah pelantikan Satgas dengan pemasangan rompi secara simbolis, para Satgas ini pun diberikan pelatihan oleh Polres Mataram. Keberadaan Satgas ini diharapkan mampu mencegah dan memberantas peredaran narkoba di Mataram. (ton/cr-fer/r8)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys